Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News
Haedar Nashir ketika melakukan kunjungan di Rembang. foto: ist
UM Surabaya

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyampaikan kriteria pemimpin yang layak dipilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang dijadwalkan pada November mendatang, .

“Jangan memilih pemimpin yang membangun populisme secara artificial semata. Melainkan pemimpin yang pro-rakyat yang dibuktikan melalui kebijakan yang menyejahterakan, memajukan, dan mencerdaskan rakyat,” tutur Haedar di ketika kunjungan ke Kabupaten Rembang, Senin (12/8/2024).

Haedar menekankan, rakyat jangan mudah terpikat dengan pemimpin “kembang gula”, yang menampilkan seakan-akan dia berpihak dan hidupnya senasib dengan rakyat, namun begitu kejam dan kebijakannya tidak berpihak ke rakyat.

Di era disrupsi informasi, sosok calon yang akan bertarung di Pilkada mendatang akan mudah disulap. Citranya ditampilkan sederhana, berjibaku untuk rakyat sampai rela masuk ke saluran got atau pembuangan, demi menarik simpati rakyat.

Di matanya, pemimpin yang hanya menampilkan citra dan populisme artificial tidak baik untuk dipilih. Sebab mereka seakan-akan bekerja, tapi hasil kerjanya tidak ada, seperti angka kemiskinan di daerah itu masih dan lain sebagainya.

“Mohon jangan senang yang begitu-begitu. Senang yang berbuatlah, yang menyejahterakan rakyat. Karena apa? Kalau ini tidak dipotong oleh rakyat sendiri, bakal lama,” tutur Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi ini

Harapan dan perumpamaan yang disampaikan Haedar ini ditujukan kepada siapapun calon yang akan maju di Pilkada Serentak 2024. Sebab, menurutnya, pemimpin harus memiliki culture bekerja konkret atau sedikit bicara banyak bekerja.

“Orang mau memuji ya bersyukur. Orang mau mencaci maki ya tidak apa-apa. Tapi kita tulus berbuat yang terbaik untuk rakyat,” cetus dia.

Dalam mencapai pilkada yang baik dan demokrasi yang substantif, sebut Haedar, tidak bisa dilakukan secara sepihak, melainkan harus bersama-sama.

Dari elite memberikan contoh yang baik, sementara rakyat tidak boleh mudah tergoda dengan hal-hal yang sifatnya artificial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini