SD Musix Surabaya Bangun Gedung Gen-Q Centre Senilai Rp 9 Miliar
Gedung Gen-Q Centre
UM Surabaya

SD Muhammadiyah 6 (SD Musix) Gadung Surabaya bakal punya gedung baru. Namanya, Gedung Gen-Q Centre (Pusat Generasi Qurani). Lokasinya di Jalan Ubi Nomor 1 Surabaya.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Gedung Gen-Q Centre itu dilaksanakan usai upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM Jat9m) Dr. M. Sholihin Fanani, M. Jemadi S. Ag MA (wakil ketua PDM Surabaya), Dikky Syadqomullah M. HES (Ketua Majelis Dikdasmen PDM Surabaya), Ir. Lukman (Ketua PCM Wonokromo), Dr. Arfan Fahmi (Ketua Majelis Dikdasmen PCM Wonokromo) komite dan guru SD Musix, guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 4 Gadung, serta RW dan RT setempat.

Dalam sambutannya Kepala SD Musix Munahar M.Pd menjelaskan bahwa pembangunan Gedung Gen-Q Centre diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar Rp 9 miliar.

“Alhamdulillah, Alhamdulillah. Tadi pagi sebelum dilakukan peletakan batu pertama sudah ada yang menyumbang 50 sak semen dari warga,” ujar Munahar.

Baca juga: Hari Kemerdekaan, SD Musix Beri Reward Umrah dan Beasiswa S2 untuk Guru dan Karyawan

Gedung Gen-Q Centre dibangun sebagai pusat pendidikan yang juga merupakan bagian dari visi misi sekolah, yakni Quranic and International insight.

“Qur’anic dimaksudkan siswa/i SD Muhammadiyah 6 Gadung Surabaya tidak sekedar mampu membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar, namun juga mampu menerjemahkan dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dengan sangat baik. Oleh sebab itu pola gedung yang berpola transparan tersebut bertuliskan surat Al-Fatihan,” papar Munahar

International insight dibuktikan dengan International Class yang dikenal dengan kelas ICP dan Quranic-nya dibuktikan dengan pembelajaran Al-Qur’an dan tahfidznya yang semakin meningkat bahkan sudah mulai ada kelas turjumam dalam dua tahun ini,” ujar Munahar.

Gedung ini, terang dia, rencananya dibangun 6 lantai. Angka 6 menandakan dengan nama SD Muhammadiyah 6 dan juga merupakan rukun iman yang ada 6.

SD Musix Surabaya Bangun Gedung Gen-Q Centre Senilai Rp 9 Miliar
Para pimpinan Muhammadiyah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Gen-Q Centre. foto: sd musix

“Harapannya, sahabat Gen-Q (sebutan siswa-siswi SD Muhammadiyah 6 Gadung Surabaya) bisa mengaplikasikan isi dari rukun iman tersebut. Memiliki fondasi yang kuat terhadap keimanannya. Sehingga, di mana pun mereka berada, akan mencapai kesuksesan dengan dasar iman yang kuat,” tutur Munahar.

Dia juga menjelaskan, gedung ini dirancang menggunakan eskalator/ lift sekaligus dengan fasilitas yang serba digital. Lantai 1 gedung baru tersebut dirancang sebagai masjid. Hal ini sekaligus memberikan fasilitas umum bagi warga untuk menunaikan ibadahnya di masjid ini.

“Kami ingin keberadaan Muhammadiyah atau sekolah ini memberikan manfaat yang besar bagi warga sekitar. Setidaknya untuk dakwah dan kajian-kajian keislaman,” ketanya..

Untuk lantai 2, timpal Munahar, akan dipakai untuk perkantoran. Lantai 3-5 ruang kelas dan perpustakaan dan laboratorium. Lantai 6, rencananya adalah aula atau ruang multifungsi.

Baca juga: SD Musix dan Universitas Negeri Malang Teken MoU Lanjutkan Pengembangan Internasional Class Program

“Selain untuk pertemuan dengan menampung banyak orang juga bisa juga untuk olahraga dan pertemuan warga jika warga memerlukan dapat RT/RW,” terang dia.

M. Sholihin Fanani menyampaikan selamat atas dimulainya pembangunan Gedung Gen-Q Centre.

“Alhamdulillah, pembangunan gedung ini (Gen-Q Centre, red) yang menjadi program sekolah akhirnya bisa diwujudkan,” katanya.

Dikatakan Sholihin pembangunan gedung baru tidak boleh mavdek. Harus dimaksimalkan dalam pelaksanaannya.

“Dana jangan jadi kendala. Tidak ada sulit jika kita mau. Yang penting maju dan optimis. Pembangunan gedung ini sangat mulia untuk menyiapkan generasi masa depan Indonesia,” katanya.

SD Musix Surabaya Bangun Gedung Gen-Q Centre Senilai Rp 9 Miliar
Kepala sekolah dan guru SD Musix saat pelatakan batu pertama pembangunan Gedung Gen-Q Centre. foto: sd musix

Sholihin mengharapkan agar komunikasi dengan kolaborasi pengurus, sekolah, guru, dan masyarakat bisa terjalin baik. Hal itu sangat membantu dalam menyukseskan pembangun gedung baru ini,

Hal senada disampaikan Lukman. Dia menyampaikan selamat kepada SD Musix yang telah melakukan lompatan besar dengan pembangunan Gedung GenQ Centre.

“Insya Allah didoakan banyak orang. Semoga menjadi sekolah yang memiliki produk plus, akademik bagus religinya bagus,” katanya.

Dia menuturkan, pendanaan pembangunan gedung baru sumber dari sekolah, donatur, penjualan lahan tanah maupun bangunan.

“Untuk jangka menengah dan jangka panjang dengan perluasan, mengingat hal ini sangat strategis. Targetnya selesai paling lambat tiga tahun,” ungkapnya.

Baca juga: Angklung SD Musix Gadung Pukau Peserta Rakerwil Majelis Tabligh

Lukman juga mengapresiasi program sekolah internasional SD Musix. Kata dia, era kini menuntut anak bisa terampil berbahasa Inggris. Juga juga berharap program-program yang sudah berjalan bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

Sementara Arfan Fahmi menyampaikan apresiasi positif dengan pembangunan Gedung Gen-Q Centre.

“Harapannya tentu bisa memakmurkan masyarakat sekitar, memperluas syiar dakwah Muhammadiyah,” tegasnya.

Dalam acara peletakan batu pertama para pimpinan Muhammadiyah dengan semangat memakai rompi dan sarung tangan dengan membawa sekop untuk mengaduk pasir dan semen serta menata batu bata sebagai simbol dimulainya pembangunan Gen-Q Centre.

Acara juga dimeriahkan para pemain angklung SD Musix dengan lagu Merah Putih. Mereka sangat antusias dalam memainkan angklungnya dengan gerakan lincah saat menyambut para tamu yang hadir. Acara ditutup dengan doa yang dipandu Dikky Syadqomullah. (anisa herwati)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini