Kiai Saad: Muhammadiyah Harus Mampu Jadi penentu Setiap Kebijakan
Bimtek) Dai Komunitas yang ada di Kalimantan Selatan. foto: ist
UM Surabaya

Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Dai Komunitas yang ada di Kalimantan Selatan selama dua hari pada 17-18 Agustus 2024 di Barabai.

Bimtek ini dihadiri Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dr M Saad Ibrahim, Ketua LDK PP Muhammadiyah Muhammad Arifin, Ketua PWM Kalimantan Selatan, Ridahani Fidzi, dan Ketua LDK PWM Kalimantan Selatan, Zainuuddin.

Saad Ibrahim mengatakan dengan penuh keyakinan, bahwa pertolongan Allah pasti dekat dalam perjuangan dakwah. Karena berdakwah adalah tugas pengkhidmatan kepada Allah.

“Yakinlah pertolongan dari Allah itu pasti dekat dalam perjuangan kita. Terkadang apa yang kita lakukan tampak tidak bermanfaat atau biasa saja tapi ke depan akan memberikan dampak yang besar dari ikhtiar itu. Kita berdakwah untuk menjadikan agama pada posisi puncak dan berkhidmat pada Allah,” tutur Kiai Saad, Sabtu (17/8/2024).

Kiai Saad lalu menuturkan, selain Muhammadiyah harus menjadi penentu dalam setiap kebijakan pemimpin, para dai Muhammadiyah juga harus merawat daya nalar kritisnya.

“Muhammadiyah harus bisa menjadi the man behind the gun bagi penguasa jika tidak mampu menjadi pemimpin, maksudnya kita harus mampu menjadi penentu dalam setiap kebijakan,” tegas dia.

Kiai Saad berharap daí Muhammadiyah dapat merawat nilai kritis Muhammadiyah dengan istilah menangkap ikan tanpa mengeruhkan air.

Ridahani Fidzi menyampaikan dengan bangga dan bahagia dengan terlaksananya bimtek tersebut. PWM Kalimantan Selatan siap mengembangkan dakwah komunitas, terkhusus di wilayah Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Muhammad Arifin menjelaskan, bahwa kegiatan Bimtek ini untuk menguatkan kapasitas para dai komunitas yang bertugas.

“Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka memberikan penguatan kepada para dai komunitas yang bertugas di Provinsi Kalimantan Selatan dengan berbagai komunitas yang dibina oleh dai-dai LDK PWM Kalimantan Selatan,” jelasnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini