Satu Lagi PTMA Bakal Tambah Lagi Fakultas Kedokteran di Luar Jawa
Universitas Muhammadiyah Mataram
UM Surabaya

Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Ahmad Muttaqin memberikan apresiasi tinggi atas rencana Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) mengajukan pendirian Fakultas Kedokteran.

Bahkan Ahmad Muttaqin menyampaikan Ummat saat ini memiliki ‘Madecer’ atau masa depan cerah. Dia berseloroh Madecer ini merupakan lawan kata dari Madesu atau masa depan suram.

Hal itu disampaikan Ahmad Muttaqin dalam Rakornas Forum Pimpinan Bidang AIK Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (PTMA) pada Senin (19/8/2024) di Mataram. Dalam kesempatan tersebut, Muttaqin juga sudah sempat menyaksikan langsung calon gedung Fakultas Kedokteran Ummat.

Sementara itu, Rektor Ummat Abdul Wahab menyampaikan alasan mendesak didirikannya Fakultas Kedokteran di Ummat ini karena masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) masih kekurangan jumlah dokter. Sementara saat ini baru ada dua perguruan tinggi yang memiliki lulusan dokter.

“Berdasarkan sumber BPS 2023 sekitar 5 juta 500 ribu lebih penduduk, tentu memerlukan pelayanan kesehatan yang memadai, saat ini baru 2 kampus yang menghasilkan lulusan dokter di NTB, sedangkan jumlah dokter merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas pelayanan Kesehatan,” jelasnya.

Di sisi lain, Ummat berharap hadirnya Fakultas Kedokteran akan membantu meningkatkan sumber daya manusia di NTB dan Indonesia. Hematnya, membangun sumber daya manusia maju tidak bisa dilepaskan dari faktor kesehatannya.

Rencana ini mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan. Diwakili Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan, Oos Fatimah Rosyati, dalam menjaga kesehatan masyarakat diperlukan semakin banyak dokter yang kompeten.

Oleh karena itu, kehadiran Fakultas Kedokteran Ummat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Diharapkan dari sini akan lahir dokter-dokter baru sehingga bertambah kuantitasnya, sekaligus juga untuk meningkatkan kualifikasi dokter.

Saat ini PTMA yang tersebar di seluruh Indonesia telah memiliki 14 Fakultas Kedokteran, tidak hanya di Pulau Jawa tapi juga di luar Jawa seperti di Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, dan menyusul akan ada di NTB yaitu di Ummat. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini