UMM Mantapkan Diri Masuk pada Perangkingan Internasional
Kegiatan workshop perangkingan international. foto: naufal/humas umm
UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memantapkan sumber daya dengan indikator tambahan pada perangkingan global. Dalam upaya mempertahankan sinergi, UMM menggelar Workshop Perangkingan International pada 13 Agustus lalu.

Kegiatan itu meliputi sharing session dan penyelarasan konstruksi mengenai perangkingan, serta tata kelola berbasis kinerja sebagai atau Key Performance Indicator (KPI) strategi di tingkat internasional.

Saat ini, UMM menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang lolos melampaui standar indikator kinerja nasional dan masuk pada indikator internasioal.

Kepala Biro Riset Pengabdian, dan Kerjasama Dr. Salahudin menjelaskan, hal ini didukung oleh sumber daya yang meyakinkan dengan langkah-langkah strategis yang perlu diupayakan.

Termasuk di dalamnya, penguatan dari berbagai sisi UMM dalam memaksimalkan perangkingan internasional.

“Kami sudah merumuskan langkah-langkah strategis, serta sudah melakukan konsolidasi di tingkat pimpinan, hingga tingkat program studi dan mahasiswa. Untuk itu, Kami sudah pastikan perangkingan global UMM berkelanjutan dan terus meningkat ke depannya,” jelasnya.

Menariknya, kegiatan workshop juga disertai konsolidasi tim Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) secara sistematis.

Harapannya menambah sinergi antar sesama PTMA untuk senantiasa mendukung UMM berada pada jalur yang terarah fokus pada perangkingan internasional.

Sehingga, dengan terlaksananya agenda tersebut, tim UMM semakin memantapkan diri membawa UMM lebih kuat pada perangkingan internasional.

“Saya berharap, dengan adanya agenda workshop ini tim kami semakin solid dan bisa bekerja yang mengarah pada target utama dimana bagaimana UMM ini bisa diakui dunia, salah satunya adalah perangkingan global,” tegas Salahudin.

Di sisi lain, Wakil Rektor 4 UMM Muhammad Salis Yuniardi, PhD menjelaskan enerangkan, workshop ini diadakan sebagai wadah sharing dan juga meningkatkan sinergi sesama PTMA dalam meningkatkan ranking di percaturan global.

Khususnya bagi perguruan tinggi semacam UMM yang telah terakreditasi Unggul. Selain itu, sudah ada prodi-prodi yang terakreditasi internasional dan sumberdaya yang sangat memadai sehingga, sudah saatnya bagi UMM masuk ke kompetisi internasional.

“Dua tahun ini UMM berhasil terdaftar dalam cluster 500 hingga 600 perguruan tinggi terbaik di Asia. kedepan ranking ini terus bisa meningkat ke depannya. Selain itu juga bisa masuk ke perankingan lain seperti Webometric ataupun Unirank yang juga diakui banyak perguruan tinggi. Saat ini UMM selalu masuk jajaran atas di Indonesia dan Asia,” pungkasnya. (din/faq/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini