UM Surabaya

Akhirnya, ideologi ingin berkuasa permanen akan muncul mulai dari fasisme, otoritarianisme, monarkisme, dan sebagainya.

Kontestasi menjadi sengit bila sebagian kelompok hadir untuk mengimbangi atau bahkan melawan arus buruk di panggung politik karena munculnya kesadaran yang tinggi. Sebab dengan politik itulah semua sistem kehidupan, aturan hidup, persoalan itu diatur.

Baik dari urusan mau sekolah, mau berobat, mau belanja, mau makan, mau nabung, mau mandi, mau bekerja, mau ibadah, mau berlibur, mau sejahtera dan sebagainya adalah didasari aspek politik yang mengatur segalanya.

Jadi tidak ada lagi alasan bahwa politik itu kotor, tapi masuklah di dalamnya dan benahi semuanya sehingga sapu bersih yang kotor agar menjadi bersih dan menyehatkan serta memberikan kenyamanan maupun keamanan yang berkemajuan.

Jangan sampai sikap yang acuh pada dunia politik membuat anti politik namun cenderung lebih responsif dalam menilai, mengomentari, sekaligus menjustifikasi bahwa politik kotor, jahat, buruk, intimidasi, tidak adil dan lain sebagainya.

Mari sama-sama membangun dan ikut masuk sekaligus berpartisipasi serta berkontribusi besar dalam dunia politik secara luas seusai kemampuan dan keahlian masing-masing.

Bila kekuasaan berada ditangan yang salah akan mengundang malapetaka di suatu negeri. Kegaduhan akan terus ada dan pertikaian di tengah masyarakat pun terus mengalir.

Maka sudah saatnya hadir dan masuk di setiap panggung kekuasaan yang strategis agar dalat memegang amanah kekuasaan dan membuat kebijakan yang progresif, inklusif, konstruktif dan kontributif.

Sudah saatnya kekuasaan berada ditangan orang yang benar, jujur, amanah, adil, berketuhanan, menjunjung nilai kemanusiaan dan menghadirkan harmonisasi kehidupan secara luas.

Dengan begitu, apa yang dicita-citakan, impikan, wacanakan, imajinasikan, harapkan semua akan terwujud nyata karena kekuasaan berada ditangan yang benar yang berkuasa sesuai amanat sekaligus koridor yang dibangun bersama dari awal.

Karena itulah pentingnya kekuasaan berada pada jalan kebenaran dan dipegang oleh aktor, pelaku, subjek yang dapat dipercaya oleh publik serta memberikan kemajuan secara kemandirian demi keadilan sekaligus kesejahteraan yang merata. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini