Hanya DIA
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Dia ada dengan bukti kuasanya, dengan membentang langit dan menggelar bumi. Semua ciptaan-Nya dipelihara tanpa lelah, kekuata-Nya tiada yang menyamainya.

Tuhan yang Maha Kuasa tempat bersandar tempat bergantung, hanyalah Dia yang memiliki dan sebagai khoirulwaritsiin (sebaik-baik ).

“Itulah Allah, Tuhan kamu; tidak ada tuhan selain Dia, yang Maha Menghidupkan dan mematikan, Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; Dialah pemelihara segala sesuatu.”

Allah SWT berfirman:

ذٰ لِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ ۚ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ فَاعْبُدُوْهُ ۚ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ وَّكِيْلٌ

“Itulah Allah, Tuhan kamu; tidak ada tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; Dialah pemelihara segala sesuatu.”
(QS. Al-An’am 6: Ayat 102)

📚 Kandungan Ayat
1. Tiada Tuhan Selain Allah ; “Itulah Allah, Tuhan kamu; tidak ada tuhan selain Dia;
a. Pencipta segala sesuatu
b. Maka sembahlah Dia
2. Dialah pemelihara segala sesuatu.”

💐 Ibrah
1. Tuhan pusat perhatian di dalam berbagai persoalan.
2. Tuhan yang disembah dan selain-Nya adalah makhluk.
3. Tuhan yang semuanya di dalam pemeliharaan-Nya

Renungan!
“Bila posisi Tuhan dominan di dalam jiwa manusia, maka tiada malas dan enggan manusia di dalam beribadah kepada Allah Tuhannya” 🇵🇱

Catatan
1. Pusat Rububiyah ; “adalah hanya Allah semata yang memelihara kehidupan.
2. Pusat Uluhiyah; “adalah hanya Allah semata tuhan yang patut diibadahi, tiada selainnya.

Do’a dijauhkan dari fitnah

رَّبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَٱغْفِرْ لَنَا رَبَّنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal, hanya kepada Engkaulah kami bertaubat, dan hanya kepada Engkaulah kami kembali. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami. Sungguh hanya Engkau Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. QS. Al-Mumtahanah/60; 4-5

👉 Penjelasan:
Doa tersebut menjelaskan bahwa kita sebagai umat manusia ciptaanNya sudah selayaknya dalam menghadapi segala hal senantiasa bersandar, berserah diri dan memohon pertolongan kepada Allah Ta’ala semata sebab, hanya Allah Maha Mengetahui, Maha Kuat dan Maha Bijaksana dan Maha Sempurna.

Allah mengetahui apa yang terbaik dan terburuk bagi kita. Allah bijaksana dalam mendidik, merawat dan memenuhi semua keperluan hidup kita. Hal ini pula yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan kaum-kaumnya yang beriman. Sehingga Allah menyebutnya Ibrahim dan kaumnya sebagai teladan yang baik bagi kita. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini