Kampus Muhammadiyah ini Rakit Motor Listrik untuk Mobilitas Mahasiswa Difabel
Sosialisasi penggunaan motor berbasis sel surya bagi difabel di kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo.
UM Surabaya

Prodi Teknik Otomotif (PTO) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) persembahkan motor roda tiga berbasis sel surya bagi mahasiswa difabel di UMPWR. Sosialisasi penggunaan motor berbasis sel surya bagi difabel ini dilakukan pada Selasa (20/8/2024).

Rektor UMPWR, Teguh Wibowo menyampaikan harapan supaya motor listrik berbasis sel surya ini dapat membantu mobilitas mahasiswa difabel.

Di sisi lain, karya ini merupakan produk inovatif yang dilakukan oleh mahasiswa PTO. Oleh karena itu dia juga mengapresiasi kinerja tim inovasi pembelajaran dan teknologi bantu Prodi PTO UMPWR.

“Terima kasih kepada kinerja dari tim yang berinovasi merakit sepeda motor roda tiga berbasis sel surya untuk mahasiswa difabel, yang tentunya sangat ramah lingkungan,” ucap Teguh Wibowo.

Dalam sosialisasi tersebut, tim perakit motor, Suyitno menjelaskan berbagai fitur yang ada di motor listrik tersebut. Fitur-fitur yang ada didesain simpel supaya pengendara dapat menggunakan dengan mudah.

Atas program hibah ini, Ketua Keluarga Mahasiswa Difabel (KAMADIFA) UMPWR, Ari Kistanto dan Pembina KAMADIFA UMPWR Didik Widiyantono menyampaikan terima kasih sebab telah diberikan perhatian untuk kemudahan mobilitas.

Sebagai informasi, perakitan motor listrik berbasis sel surya ini merupakan tindak lanjut dari hasil Hibah Bantuan Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantuan untuk mahasiswa difabel tahun 2024 dari Dirjen Dikti Ristek.

Rektor UMPWR menutup acara sosialisasi dengan harapan inovasi ini tidak berhenti pada motor listrik saja, tetapi juga akan ada produk lain yang bermanfaat bagi kelompok difabel, dan masyarakat yang lebih luas. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini