Alumni SD Muhammadiyah 3 IKROM Wage Taman Sidoarjo Terpilih Di Internasional Scout Camp Thailand
UM Surabaya

Dua alumni SD Muhammadiyah 3 IKROM Wage Taman Sidoarjo angkatan 2022 yaitu Galena Hayfa Nadda Ignacia (Nadda) dan Aisyah Afiqah Aghnibazla (Azza) terpilih di kegiatan International Scout Camp and Edutrip Thailand, Singapura, Malaysia, tergabung di Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Madrasah Mualimat Yogyakarta.

Keduanya tergabung bersama 22 peserta didik Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti kegiatan kepanduan di Thailand, bernama International Scout Camp (ISC) Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 20-28 Agustus 2024 di Sangkhom Islam Wittaya School yang berada di Sadao District Songkhla Thailand. Selanjutnya peserta ISC akan mengunjungi beberapa destinasi diantaranya Batu Caves, IIUM, Kantor PCIM Malaysia, Twin Tower, dan beberapa destinasi di Singapore.

Kegiatan ISC yang telah berlangsung selama lima tahun ini diikuti oleh tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Terdapat beberapa pelatihan yang harus diikuti oleh 22 peserta dari Mu’allimaat sebelum melaksanakan perkemahan Internasional di Songkhla Thailand, diantaranya pelatihan manajemen diri, leadership, tapak suci, baris berbaris, public speaking, tali temali, membuat karya batik tulis, pengolahan limbah organik, membuat yel-yel dan pengelolaan limbah Maggot.

Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Unik Rasyida berharap acara ini harus dijadikan sebagai tempat pembelajaran, selain belajar wawasan global, para peserta juga diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungkungan baru nantinya.

“Dimana pun peserta didik Mu’allimaat harus membawa nama baik madrasah. Ilmu bukan hanya belajar di kelas, tetapi yang diikuti anak-anak di scout camp merupakan bagian dari pembelajaran juga. Jadi lakukan yang terbaik dan hindari hal-hal yang merugikan,” pesan Unik.

Berbagai kegiatan akan diikuti oleh 22 peserta di acara ISC, mulai dari bidang kepanduan, akademik, non-akademik dan pertukaran budaya internasional. Amin Hasanah, Wakil Direktur III Bidang Kesiswaan berharap peserta untuk selalu mengedepankan persaudaraan dan keterbukaan dalam menerima wawasan global.

“Besar harapan saya kegiatan scout camp ini dapat menambah wawasan keilmuan peserta didik Mu’allimaat, mampu membawa dan menunjukkan keunggulan dalam bidang kepanduan Hizbul Wathan di kancah internasional serta mempererat jalinan persaudaraan dengan 3 negara (Indonesia, Thailand dan Malaysia), yang mana kegiatan scout camp ini sudah kedua kalinya kami ikuti,”  tegasnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini