UM Surabaya

Karena Allah Azza wa Jalla tak pernah sedikit pun meninggalkan kita, hanya saja kita yang tidak pandai memahami hal itu, dan selalu bertindak seadanya dan semaunya.

Allah Azza wa Jalla selalu dekat dengan hamba-hamba-Nya, bahkan lebih dekat dari yang kita sangkakan.

Maka, tetaplah tenang saat Allah Azza wa Jalla mendatangkan ujian-Nya. Karena kita mempunyai Allah Azza wa Jalla dan tentunya Allah Azza wa Jalla tidak akan pernah memberi kita ujian di luar batas kemampuan kita.

Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan sesuai dengan amalan yang kita lakukan ( al jaza’ min jinsil ‘amal), sebagaimana firman-Nya,

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu.” (QS. Al Baqarah: 152)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

فَإِنْ ذَكَرَنِى فِى نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِى نَفْسِى ، وَإِنْ ذَكَرَنِى فِى مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِى مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ

“Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu kumpulan malaikat.”

Juga dalam lafaz:

وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا ، وَإِنْ أَتَانِى يَمْشِى أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً

“Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan biasa, maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat.”

Allah Azza wa Jalla menyebut-nyebut hamba-Nya dengan kalam yang Dia perdengarkan pada para malaikat yang Dia kehendaki. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam lafaz hadis:

ذَكَرْتُهُ فِى مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ

“Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat).”

Juga dikuatkan dalam hadis sahih lainnya:

إِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ عَبْدًا دَعَا جِبْرِيلَ فَقَالَ إِنِّى أُحِبُّ فُلاَنًا فَأَحِبَّهُ

“Jika Allah mencintai seorang hamba, Dia memanggil Jibril seraya berkata, “Sesungguhnya Aku mencintai si fulan, maka cintailah dia.” (HR. Bukhari no. 7485 dan Muslim no. 2637)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini