UMM Siap Mensosialisasikan dan Mengimplementasikan KHGT
Prof Dr Tri Sulistyaningsih bersama para pimpian PWM Jawa Timur di acara sosialisasi KHGT di UMM.
UM Surabaya
  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi tuan rumah kegiatan sosialisasi dan pelatihan Hisab Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT). Kegiatan ini berlangsung di gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan UMM pada Sabtu-Ahad, 24-25 Agustus.
  • Prof Dr Tri Sulistyaningsih, MSi yang mewakili Rektor UMM dalam sambutannya, menyatakan, UMM dengan ribuan kader Muhammadiyah yang dimilikinya, berkomitmen untuk turut berperan aktif dalam menyosialisasikan dan mengimplementasikan hasil keputusan organisasi.

“Kami tidak hanya sekadar menerima keputusan organisasi, tetapi juga bertekad untuk terlibat aktif dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Bu Tri, sapaan akrabnya, menekankan, Muhammadiyah memiliki tradisi tajdid (pembaruan) yang mampu membelalakkan (baca: menarik perhatian) banyak pihak, termasuk dalam penerapan KHGT.

“KHGT merupakan hasil tajdid dari Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah untuk kemajuan peradaban. Tujuan strategis KHGT adalah untuk memberikan kepastian dalam penentuan awal tanggal dan hari yang sama bagi seluruh umat Islam di dunia,” jelasnya.

Program KHGT ini, menurut Bu Tri, telah dipersiapkan oleh Muhammadiyah sejak tahun 2015.

“Jadi, ini bukan sesuatu yang datang secara tiba-tiba. Dibutuhkan waktu sembilan tahun untuk melakukan penelitian dan sosialisasi konsep ini,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Rektor 5 UMM juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Majelis Tarjih dan Tajdid PWM Jawa Timur atas kerja sama yang baik dalam penyelenggaraan sosialisasi dan pelatihan Hisab KHGT ini.

“Selamat mengikuti proses pelatihan ini, semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat,” pungkasnya. (afifun nidlom)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini