Tingkatkan Kunjungan Warga Asing, Arab Saudi Luncurkan Program Baru Umrah Tanpa Perantara
UM Surabaya

Ada yang berbeda pada musim umrah tahun 2024, tepatnya dibuka 7 Juli lalu atau bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Hal ini seiring dengan program baru Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang memungkinkan jemaah dilayani langsung tanpa perantara.

Program ini dirancang untuk memungkinkan perusahaan memberikan layanan berkualitas tinggi secara langsung kepada para jemaah.

Program baru ini diumumkan pada Selasa (20/8/2024), dalam pertemuan yang dipimpin oleh Menteri Haji dan Umrah, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, bersama organisasi-organisasi umrah. Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi kementerian untuk memberdayakan sektor swasta dalam menyediakan layanan umrah sepanjang tahun.

Menurut laporan Arab News (26/8/2024), tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan warga asing ke Arab Saudi, khususnya peziarah yang mengunjungi situs-situs bersejarah terkait kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Program ini juga sejalan dengan komitmen Kementerian Haji dan Umrah untuk meningkatkan jumlah jemaah umrah setiap tahunnya, sesuai dengan Visi Saudi 2030.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas arahan strategis untuk musim umrah 1446 H, dengan fokus pada upaya memastikan pengalaman jemaah yang lancar melalui penyediaan layanan berkualitas dan efisien.

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya telah memproyeksikan, mereka akan menerima 15 juta jemaah umrah di Tanah Suci pada musim mendatang. Pakistan, Mesir, dan Indonesia diperkirakan akan menjadi negara dengan kontribusi jemaah terbesar.

Kerajaan Arab Saudi mulai merencanakan penyambutan jemaah umrah untuk musim mendatang, sebagaimana dilaporkan oleh Gulf News pada Minggu (11/8/2024).

Pada tahun 2023, Saudi mencatat rekor jumlah jemaah umrah dari luar negeri, dengan total 13,55 juta orang yang menunaikan ibadah sunnah ini, meningkat 58 persen dari rekor sebelumnya pada 2019.

Musim umrah baru telah dimulai sejak 7 Juli 2024, bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Visa umrah mulai diterbitkan oleh Kementerian Haji dan Umrah sejak 20 Juni 2024. (rah/lus/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini