Menembus Alam Cipta
foto: getty images
UM Surabaya

*) Oleh: Masro’in Assafani, MA,
Wakil Ketua PDM Lamongan

“Dengan Kuasa-Nya, Allah berkehendak atas segalanya. Di antara keagungannya menurunkan air dari langit, hingga menumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, dan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, dari tanaman yang menghijau itu membuahkan buah-buahan yang banyak, kemudian Allah menunjuk kurma, dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, kemudian sekali lagi Allah menunjuk kurma, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) selanjutnya zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”

Allah SWT berfirman

وَهُوَ الَّذِيْۤ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً ۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًا ۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۗ اُنْظُرُوْۤا اِلٰى ثَمَرِهٖۤ اِذَاۤ اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗ اِنَّ فِيْ ذٰ لِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

“Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am 6: Ayat 99)

Kandungan Ayat

1. Hujan: “Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan.”

2. Tanaman hijau: “Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau.”

3. Butir yang banyak: “Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak.”

4. Beberapa buah: “Dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa.”

5. Mengamati: “Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak.”

6. Tanda Kekuasaan Allah: “Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”

Ibrah

1. Menakjubkan, sesuatu yang gersang, rumput yang kering kerontang, begitu tertetesi butiran air hujan, berubah menghijau indah segar, menyejukkan mata yang memandangnya. Dibalik itu pula membuahkan butiran buah yang banyak.

2. Allah menghantarkan secara lembut guna merenung buah kurma, yang bertangkai, buah yang bersusun, dari muda yang hijau sampai tua (masak) yang dengan lembutnya berganti warna coklat tua.

3. Menengok kebun anggur merambat dan berbuah, zaitun dan delima, ini cukup menghantarkan ke alam yang menakjubkan, siapa dibalik itu semua?Subhaanallah.

Catatan

Tangkai yang menjulai yaitu; Zaitun, delima yang serupa dan yang tidak serupa, semua menjadi pelajaran berharga bagi manusia, dari wujut yang ada menembus alam cipta Tuhan yang Maha Kuasa, sehingga melahirkan ilmu dan iman yang sangat kokoh. dll.

Doa

رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

“Ya Allah Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami ataupun yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Al-Ma’idah/5; 114). (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini