Agar Doa Terkabul
foto: shehzadsaleem
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Every prayer we pray, Allah provides a way out.”
(Setiap doa yang kita panjatkan, Allah menyediakan jalan keluarnya)

Setiap orang tentu ingin agar segala keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT. Selain bekerja keras, jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT agar keinginan kita terkabul.

Doa merupakan permohonan, pengharapan seorang hamba pada Tuhannya. Manusia tidak bisa memaksakan agar semua keinginannya dikabulkan. Sebab, Tuhan Paling Maha Tahu, keinginan mana yang paling dibutuhkan oleh setiap hamba-Nya.

Meski begitu, sebagai umat muslim harus terus memanjatkan doa kepada Allah Swt. Kemudian dalam memohon kepada Allah juga harus sungguh-sungguh.

Pasalnya, Allah Swt. berjanji akan mengabulkan permintaan hambanya yang memohon dengan sungguh-sungguh.

Agar doa terkabul, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan:

1. Bersihkan hati dan pikiran Sebelum berdoa, pastikan hati dan pikiran bersih dari segala macam hal yang dapat mengganggu konsentrasi dalam berdoa. Sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya:

يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ (88) إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ (89)

“(Yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih. ”(QS. Asy Syu’aro’: 88)

Ayat di atas menerangkan bahwa hati yang bersih adalah hati yang selamat dari berbuat syirik kepada selain Allah dalam bentuk apa pun.

Bahkan, ibadah hanya boleh untuk Allah semata, yaitu irodah (keinginan), cinta, tawakkal, inabah (kembali), tunduk, takut dan rasa harap hanya ditujukan pada Allah semata.

2. Berdoa dengan kesungguhan hati.

Ketika berdoa, jangan hanya sekedar mengucapkan kata-kata tanpa ada rasa kesungguhan hati. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan merendahkan diri di depan Allah SWT. Penuh yakinlah bahwa Allah akan kabulkan setiap doa.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan do’a dari hati yang lalai.” (HR.Tirmidzi No. 3479)

3. Meminta sesuatu yang baik.

Ketika berdoa, jangan hanya meminta sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan dunia saja. Berdoalah dengan memohon kebaikan untuk kehidupan dan keimanan, keluarga, dan seluruh umat manusia.

Allah SWT tegaskan dalam firman-Nya:

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Dan di antara mereka ada yang berkata: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.”( QS. Al-Baqarah:201)

Jadi, agar doa kita terkabul, maka kita harus memperhatikan beberapa hal yang harus dilakukan, seperti membersihkan hati dan pikiran, berdoa dengan kesungguhan hati, dan meminta sesuatu yang baik.

Sebagai seorang muslim, kita juga harus senantiasa belajar dan memperdalam ilmu agama Islam untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang cara memperbaiki ibadah dan mencari keridaan Allah SWT.

Dengan melakukan semua hal tersebut, Insya Allah doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini