Satu Jiwa Dari Satu Kuasa
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Dari satu ciptaan menjadi bermiliar manusia, membuktikan kekuasanNya. Kehidupan manusia terus berproses dan terus berkembang di muka bumi.

Dari satu jiwa maka hidup haruslah merajut dalam kebersamaan kehidupan, satu jiwa dalam kerukunan, maka kehidupan akan indah.

Allah SWT berfirman,

وَ هُوَ الَّذِيْۤ اَنْشَاَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ فَمُسْتَقَرٌّ وَّمُسْتَوْدَعٌ   ۗ  قَدْ فَصَّلْنَا الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّفْقَهُوْنَ

“Dan Dialah yang menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), maka (bagimu) ada tempat menetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda (kebesaran Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.”

(QS. Al-An’am 6: Ayat 98)

Kandungan ayat;

  1. Satu Jiwa ; “Dan Dialah yang menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), maka (bagimu) ada tempat menetap dan tempat simpanan.
  2. Kebesaran Allah ; “Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda (kebesaran Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.”

Ibrah yaitu pelajaran yang dapat diambil ;

Manusia dari satu diri berkembang mendunia, Qs. An-Nisa’/4; 1, Qs. Ar-Rum/30; 20-28, guna sebagai kholifah di bumi. Qs. Al-Baqarah/2; 30, dan dengan Kekuasaan Allah manusia berproses, Qs. Al-Mu’minun/23; 12-16

Catatan;

Manusia menempati rahim ibu -+ 9 bulan, lahir dan menetap beberapa saat di dunia, rata-rata antara 60 tahun sampai 70 tahun, lalu disimpan menetap dalam kubur sampai masa dibangkitkan.

Doa mohon dihapuskan kesalahan dan diwafatkan bersama orang yang berbakti,

رَّبَّنَآ إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِى لِلْإِيمَٰنِ أَنْ ءَامِنُوا۟ بِرَبِّكُمْ فَـَٔامَنَّا ۚ رَبَّنَا فَٱغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّـَٔاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ ٱلْأَبْرَارِ ﴿١٩٣﴾ رَبَّنَا وَءَاتِنَا مَا وَعَدتَّنَا عَلَىٰ رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۗ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ ٱلْمِيعَادَ

Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu) : “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti. Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji. QS. Ali-Imran/2; 193-194. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini