UM Surabaya

Lalu, di manakah letak agama, khususnya Islam, dalam kehidupan bangsa Indonesia? Mengapa nilai-nilai luhur yang dikandungnya tak lagi mampu menghadirkan kejujuran?

Lebih mengkhawatirkan lagi, di dunia pendidikan dan dakwah, ketidakjujuran pun kerap kita temui.

Dalam dunia akademik, ada praktik jual beli ijazah atau perjokian tugas akhir. Di dunia dakwah, ada pendakwah yang memfitnah sesama pendakwah di hadapan jamaahnya.

Saat ini, hampir tidak ada lini kehidupan yang tidak dirasuki ketidakjujuran. Orang-orang jujur justru dianggap aneh, lugu, dan tidak memahami perkembangan zaman.

Jamaah Jumat rahimakumullāh,

Nabi Muhammad saw telah memperingatkan kita untuk selalu bersikap jujur dan tidak terlibat dalam kebohongan, kecuali dalam kondisi tertentu seperti mendamaikan orang yang berselisih, menjaga keharmonisan rumah tangga, dan dalam keadaan perang. Beliau bersabda:

لَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

“Hendaklah kalian semua menjadi jujur, karena sesungguhnya kejujuran itu akan membawa kepada kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu akan menyampaikan kalian ke syurga. Bila seseorang itu jujur dan menguasai sifat jujur (secara terus menerus), maka Allah menetapkannya sebagai seorang yang jujur. Dan sekali-kali jangan kalian berbohong, karena sesungguhnya kebohongan itu menggiring kalian kepada berbagai kejahatan (dosa) dan sesungguhnya berbagai kejahatan itu akan menggiring kalian ke neraka. Bilamana seseorang itu berbohong dan terus menerus berbohong, maka Allah akan menetapkannya sebagai pembohong.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Kejujuran adalah sumber kebaikan dunia dan akhirat, sedangkan kebohongan adalah sumber malapetaka di kedua kehidupan.

Bagi setiap mukmin, kejujuran adalah segalanya dan harus meliputi seluruh aspek kehidupan. Tanpa itu, kita akan mengalami kehancuran hidup di dunia dan sengsara di akhirat.

Marilah kita bersama-sama membentuk karakter kejujuran dalam diri kita dan menjauhi kebohongan agar kita selamat di dunia dan akhirat.

بارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أقُوْلُ قَوْلِي هَذا وَأسْتَغْفِرُوا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini