Nazar Ikan Cupang, Siswa SD Muhammadiyah Nganjuk ini Siap Maju Lomba Pildacil Tingkat Jatim
Ahmad Zafrand Rais saat menerima Tropy Kejuaraan Lomba Pildacil dalam Lomba Seni Siswa Pendidikan Agama Islam Tingkat Kabupaten Nganjuk 2024.
UM Surabaya

Umumnya siswa meraih kejuaraan motivasinya  memperoleh hadiah special berupa bingkisan atau sejenisnya,  namun Siswa SD Muhammadiyah Nganjuk ini unik. Pemilik nama lengkap Ahmad Zafrand Rais Al Alawi, siswa kelas 3 ini hanya ingin menambah koleksi Ikan Cupang sebagai hadiah jika meraih juara lomba dai cilik (Pildacil).

Keinginan itu Ia ucapkan sejak awal latihan mempersiapkan ajang kompetisi pemilihan Dai Cilik yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk.

“Sejak persiapan bernazar, jika juara harus minta Ikan Cupang,” ujar Murni Setiawati, sang Ibunda usai mendampingi menerima piala kejuaraan  yang digelar di sebuah Sekolah Dasar  Negeri (SDN) di Nganjuk, Kamis (29/08/2024).

Lebih lanjut, Ia menambahkan, selama ini putra keduanya ini memang menyukai ikan hias “mini” dengan berbagi model sirip dan aneka warna itu. Ia sebenarnya sudah memiliki sejumlah koleksi di rumahnya.

Nazar Ikan Cupang, Siswa SD Muhammadiyah Nganjuk ini Siap Maju Lomba Pildacil Tingkat Jatim
Zafrand Rais Al Alawi bersama Kepala SD Muhammadiyah Nganjuk Binti Nurhayati, S.Pd (kanan) dan Guru.

“Motivasinya ya itu jadi, (jika diminta) berlatih keras ayahnya, dia semangat sekali karena ada maunya,” pungkasnya sambil membawa tropy bertuliskan Juara 1 Pildacil Putra Festival Lomba Seni Siswa Pendidikan Agama Islam ( FIS2-PAI) Tingkat Kabupaten Nganjuk.

Atas raihan prestasinya, siswa panggilan karib Zafrand ini berhak mewakili Kabupaten Nganjuk untuk maju di tingkat Propinsi Jawa Timur yang akan  digelar September mendatang.

Siswa yang sebelumnya juga menjuarai sejumlah Lomba Pildacil ini mengaku senang meraih juara, tapi yang lebih bahagia karena bisa menambah koleksi ikan peliharaannya.

“Seneng dapat  juara tapi lebih senang dapat Ikan (Cupang) lebih banyak,” pungkasnya.

Siswa bertalenta.

Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah Nganjuk  Binti Nurhayati, S.Pd menguraikan, Zafrand adalah siswa yang sangat aktif dan memiliki bakat khusus di bidang agama. Sejumlah prestasi  sangat menonjol bahkan sejak kelas 1 telah menampakkan bakatnya dengan menggondol sejumlah kejuaraan, baik di internal Dinas Pendidikan maupun umum.

“Siswa ini memiliki talenta sejak di bangku kelas 1,” ujarnya.

Menurutnya, tercatat sejak 2023 pernah menjuarai Lomba Pildacil di sejumlah event kejuaraan diantarnya :

1.Juara 2 Festivala Anak Sholeh Hari Santri Kab. Nganjuk tahun 2023

  1. Juara 2 Pildacil oleh Baznas Kabupaten Nganjuk tahun 2023
  2. Juara 1 Pildacil FLL-PAI Kecamatan Nganjuk 2023
  3. Juara 1 FLL-PAI Kabupaten Nganjuk 2024.
  4. Juara 3 Pildacil Festival Ramadhan 2023.

Khusus prestasi terbaru ini, Ia mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan  support dan motivasi.

“Alhamdulilah terima kepada semua pihak, Tim pelatih yang telah bekerja keras, ini menjadi motivasi untuk  terus bekerja keras untuk mempersiapkan di Propinsi nanti,” ujarnya usai mendampingi saat penyerahan Tropy Kejuaraan di SDN Payaman 3 Nganjuk.

Lebih lanjut Ia berharap dukungan semua pihak untuk terus membina dan  mengembangkan bakat para siswa-siswi di sekolahnya.

“Mohon dukungan dan doa untuk siswa-siswi kami untuk  terus  meningkatkan  prestasi,” pungkasnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini