Gandeng BUKOPIN, LAZISMU dan MPW PWM Jawa Timur Salurkan Wakaf Tunai
Penandatanganan nota kerja sama antara Bukopin, Lazismu dan MPW PWM Jatim tentang program penyaluran wakaf tunai melalui BankZiska.
UM Surabaya

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur, Majelis Perbendaharaan & Wakaf (MPW) dan Bank Bukopin Syariah melakukan penandatanganan nota kerja sama program penyaluran wakaf tunai melalui BankZiska di Aula Mas Mansur PWM Jawa Timur, Sabtu (31/08/2024).

Kemitraan program penyaluran wakaf tunai akan dikelola melalui program pemberdayaan dan ekonomi produktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kita wakaf tunai ini menjadi modal masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Direktur Bank Bukopin Syariah Andika Praditya Darmawan dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ia mencontohkan program penyaluran yang sudah berjalan dibeberapa daerah dalam bentuk kelompok peternak, tambak atau pertanian serta ekonomi produktif UMKM dan sejenisnya.

Ketua Lazismu Jawa Timur Imam Hambali, M.SEI memastikan, penyaluran wakaf tunai nantinya akan membantu meningkatkan  ekonomi masyarakat yang lebih luas, khususnya usaha ekonomi produktif dan pemberdayaan.

“Alhamdulilah, ini peluang baru untuk memperluas manfaat dan meningkatkan ekonomi masyarakat, mari kita manfaatkan dan dikelola dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia mewanti wanti agar berhati-hati dalam mengelola dan menyalurkan wakaf tunai, sehingga ke-bermanfaatannya maksimal.

“Tidak boleh membiayai kredit macet, harus ketat assesment-nya,” lanjutnya.

Terkait pengelolaan wakaf tunai, ia juga berharap agar mengelola dana umat melalui Bankziska berhati-hati dan tidak ada motif lain selain diniatkan untuk melayani umat.

“Jangan  jadikan Bank Ziska mencari udang di balik batu, pengelolaan harus profesional dan baik,”pungkasnya.

Selain acara penandatangan nota kerja sama, juga digelar Bankziska Award Tingkat Jawa Timur.  Ada sepuluh daerah yang masuk final dalam kompetisi ini. Setelah dilakukan proses penilaian Kabupaten Magetan terpilih sebagai Juara 1, Kabupaten  Bojonegoro Juara ke 2 dan Juara ke-3 Kabupaten Jember.

Sementara urutan ke 4, 5 dan 6  masing-masing Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Acara dibuka  Drh. Zainul Muslimin, Bendahara Umum PWM mewakili Ketua  Jawa Timur.

“Mari terus meningkatkan profesionalisme mengelola donasi Umat,  agar kebermanfaatannya semakin luas dan syiar dakwah Muhammadiyah semakin mengakar,” pungkasnya. (m.roissudin)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini