Oran tua yang menderita
UM Surabaya

*) Oleh: Sigit Subiantoro
Anggota Majelis Tabligh PDM Kabupaten Kediri

Orang tua yang telah sukses membesarkan anak-anaknya ialah yang berhasil mendidik mereka menjadi saleh dan salehah, yang selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Apalah artinya kedua orang tua yang memiliki anak yang kaya dan menduduki jabatan yang tinggi, memiliki penghasilan yang besar, dll, tapi mereka durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya, serta mereka pun tidak mau berbakti kepada kedua orang tuanya.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Tahukah kalian siapa orang yang mandul itu? Kami berkata: ” Orang yang mandul itu adalah orang yang tidak memiliki anak.” Rasulullah bersabda: “Bukan itu orang yang disebut mandul, tetapi orang yang punya banyak anak, tetapi anak-anaknya tidak ada yang memberi manfaat kepada mereka, sesudah mereka meninggal dunia.” (HR Muslim no. 2608, dari Abdullah bin Mas’ud)

Apabila orang tua melalaikan, meremehkan, serta tidak mau mempedulikan pendidikan anaknya, maka anak itu akan menjadi luka di tenggorokannya dalam kehidupan di dunia, dan menjadi sebab ditimpakannya azab kepada orang tuanya kelak di akhirat.

Allah Azza WA Jalla berfirman, “Janganlah seseorang ibu menderita karena anaknya, dan jangan pula seorang ayah menderita karena anaknya.” (QS Al Baqarah 233)

Katakanlah: “Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat. Ingatlah! Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.” (QS Az-Zumar 15)

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini