Menkes: Muhammadiyah Punya Peran Kunci Mencapai Indonesia Emas 2045
Budi Gunadi Sadikin menghadiri idang Senat Terbuka Milad ke-33 Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta. foto: unisa
UM Surabaya

Dalam Sidang Senat Terbuka Milad ke-33 Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta yang berlangsung pada Rabu (4/9/2024), Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengucapkan selamat atas peringatan Milad UNISA Yogyakarta yang ke-33 sekaligus merayakan peluncuran Fakultas Kedokteran di kampus tersebut.

Dalam pidatonya, Budi menyampaikan pesan inspiratif tentang pentingnya menciptakan generasi yang sehat dan cerdas untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

Budi menguraikan visi besar Indonesia Emas 2045 dengan mengutip pernyataan Presiden RI, menegaskan bahwa Indonesia Emas adalah cita-cita besar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

“Ini adalah tujuan besar yang harus kita capai bersama dengan sungguh-sungguh oleh seluruh elemen bangsa,” ungkap Budi.

Lebih lanjut, ia menyoroti peluang besar Indonesia pada tahun 2030, ketika Indonesia diprediksi akan mencapai bonus demografi, yang dapat menjadi modal utama dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

“Kesempatan ini jangan sampai terlewatkan. Saat ini, kita memiliki waktu untuk terus memajukan negara. Ada tanggung jawab besar untuk membimbing generasi penerus dalam membentuk Indonesia Maju, dengan indikator seperti Gross National Income (GNI) per kapita sebesar $14.000 USD per tahun,” tegasnya.

Budi juga mengingatkan bahwa jika tujuan tersebut gagal dicapai, itu akan menjadi tanggung jawab besar bagi generasi yang hidup saat ini.

“Jika kita tidak berhasil menembus batas negara maju, itu bukan hanya tanggung jawab kita, tapi juga menjadi dosa besar terhadap generasi penerus bangsa,” lanjutnya.

Dalam menutup pidatonya, Menteri Kesehatan menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan cerdas. Ia mengakui bahwa pemerintah tidak dapat bekerja sendirian untuk mencapai tujuan besar ini.

“Mari kita bermimpi, berdoa, dan berusaha bersama-sama. Muhammadiyah, sebagai organisasi masyarakat, memiliki peran besar dalam membentuk masyarakat yang sehat dan cerdas guna mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju yang setara dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” ajaknya.

Pidato Budi Gunadi Sadikin dalam Sidang Senat Terbuka Milad ke-33 Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta ini menekankan pentingnya kesehatan dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045, sekaligus mengajak seluruh elemen bangsa.

Termasuk Muhammadiyah, untuk terus bersinergi dan bekerja keras demi mewujudkan cita-cita besar tersebut. (bhisma)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini