G a n t i  Ka u m
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Allah menurunkan kitab kepada setiap kaum, adapun yang dikabarkan Al Qur’an ada empat kitab, Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an. Semuanya merupakan panduan hidup serta petunjuk bagi manusia.

Namun banyak manusia yang mengingkarinya. Sehingga dengan pengingkaran mereka, mereka akan dimusnahkan oleh Allah dan diganti dengan kaum yang lain, yaitu yang mau menerima kitab, terutama Al-Qur’an.

Di antara umat Nuh dimusnahkan dengan banjir, kaum Luth dimusnahkan dengan badai dan tenggelam. Inilah makna ayat, biar mereka ingkar maka akan aku ganti kaum yang lain.

Allah SWT berfirman:

اُولٰٓئِكَ الَّذِيْنَ اٰتَيْنٰهُمُ الْـكِتٰبَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ  ۗ  فَاِنْ يَّكْفُرْ بِهَا هٰۤؤُلَآ ءِ فَقَدْ وَكَّلْنَا بِهَا قَوْمًا لَّيْسُوْا بِهَا بِكٰفِرِيْنَ

“Mereka itulah orang-orang yang telah Kami berikan kitab, hikmah, dan kenabian. Jika orang-orang (Quraisy) itu mengingkarinya, maka Kami akan menyerahkannya kepada kaum yang tidak mengingkarinya.”

(QS. Al-An’am 6: Ayat 89)

Kandungan Ayat,

  1. Pemberian Allah ; “Mereka itulah orang-orang yang telah Kami berikan Kitab, Hikmah, dan kenabian.
  2. Jika Mengingkari; “Jika orang-orang (Quraisy) itu mengingkarinya, maka Kami akan menyerahkannya kepada kaum yang tidak mengingkarinya.”

Ibrah yaitu pelajaran yang dapat dipetik;

  1. Orang-orang yang beriman tidaklah mengingkari, kitab, hikmah dan kenabian.
  2. Hanya Orang-orang kafirlah yang menolak, kitab, hikmah dan kenabian.
  3. Maka orang-orang yang menolak kitab, hikmah dan kenabian akan dimusnakan Allah dan diganti manusia baru yang menerimanya.

Catatan

  1. Yang dimaksud kitab adalah Zabur, Taurat, Injil, yang kebenaran isinya tidak dipercayai (tentang berita lahirnya Nabi Akhir Zaman (Muhammad SAW). Dengan demikian mereka mengingkari Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
  2. Hikmah:

(والحكم) العلم والفهم

Hikmah adalah ilmu dan pemaha Tanwirul Miiqbas Tafsir Ibnu Abbas.

  1. Orang kafir quarisy menolak kenabian Muhammad, saat itu, maka berlaku lanjut, barang siapa yang menolak kenabian Muhammad dan Al-Qur’an serta mengingkari para da’i, muballigh yang membawa kebenaran, dengan demikian lambat laun, mereka akan diganti dengan umat yang taat.

Do’a kholilullah Ibrahim yang mejadi nyata;

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيْهِمْ رَسُوْلًا مِّنْهُمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَ يُزَكِّيْهِمْ ۗ  اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

“Ya Tuhan kami, utuslah di tengah mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat-Mu dan mengajarkan kitab dan hikmah kepada mereka dan menyucikan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”  (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 129)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini