UM Surabaya

“Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya.” (QS. Hud: 61)

Tidak akan tercipta kebahagiaan di muka bumi ini, bila setiap kedudukan dijalankan tanpa perjuangan atas nama Islam. Oleh sebab itu, pada penggalan ayat tersebut pun disebutkan untuk senantiasa meminta ampun dan bertobat dari segala kekhilafan dan kealpaan.

Sebab, bila tidak demikian, boleh jadi akan terjadi banyak penyelewengan, tidak tertunaikannya hak; serta banyaknya kewajiban yang terabaikan.

Seorang muslim idealnya mampu menempatkan dua hal ini secara seimbang. Menghendaki keseimbangan di antara keduanya, menempuh jalan ‘abid dan khalifah secara bersamaan.

Menempatkan ketaatannya untuk semata-mata menebar rahmat ke seluruh penjuru alam. Menebarkan kasih sayang dan menegakkan keadilan-Nya berdasarkan ketundukan penuh, semata karena perintah Yang Maha Kuasa.

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Al-Qashash · Ayat 77).

Semoga kita dapat termasuk ke dalam orang-orang yang senantiasa memaksimalkan kedua peran tersebut. Menjadikan dua peran utama ini sebagai media bagi kita untuk mengumpulkan bekal kelak di akhirat.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلكُمْ فِى الْقُرآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِى وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّى وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Khotbah Kedua

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَلَهُ الْحَمْدُ فِي الْآخِرَةِ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ

أَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه

أَللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

وَشَرَّ الأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ، وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ، فَإِنَّ يَدَ اللهِ عَلَى الجَمَاعَةِ، وَمَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ.

Sumber: Majalah SM Edisi 15 Tahun 2024

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini