UM Surabaya

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Barangsiapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya dipanjangkan, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari 2067)

Ketiga: Menjual barang yang mudah dijual-belikan

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dengan segera adalah menjual barang yang mudah dipasarkan dan memiliki nilai jual tinggi. Barang-barang seperti pakaian, makanan, atau barang elektronik biasanya cepat laku di pasaran. Menjual barang-barang ini dapat memberikan penghasilan tambahan dalam waktu singkat, terutama jika barang tersebut masih dalam kondisi baik dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Keempat: Meminjam uang dari keluarga atau teman

Meminjam uang dari keluarga atau teman bisa menjadi solusi cepat dalam kondisi mendesak. Namun, ada adab dan etika yang harus diperhatikan saat meminjam uang. Di antaranya adalah meminta izin dengan baik, menjelaskan kondisi keuangan yang sebenarnya, tidak berbohong atau melebih-lebihkan, berkomitmen untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu, dan mencatatnya dengan baik. Meminjam dengan cara yang baik akan menjaga hubungan baik dan tidak menimbulkan perselisihan di kemudian hari.

Kelima: Meminta- minta yang diizinkan oleh syariat

Hukum asal meminta minta tanpa keperluan mendesak adalah diharamkan, berdasarkan banyak hadis, di antaranya:

“Barangsiapa yang meminta tanpa adanya kebutuhan, maka seolah-olah ia memakan bara api.” (HR. Ahmad disahihkan Al-Albani)

Namun demikian, syariat mengizinkan seseorang (dengan kriteria tertentu) untuk meminta-minta kepada orang lain. Di antaranya adalah seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup.

Keenam: Doa

Doa adalah salah satu kunci utama dalam mendapatkan rezeki. Doa adalah pintu bagi segala sesuatu yang tertutup dan jalan untuk mempermudah segala urusan yang sulit.

Allah Ta’ala berfirman

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepadaKu, niscaya Aku akan mengabulkan bagimu.”
(QS. Ghafir : 60)

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kelapangan dalam rezeki, berkah dalam umur, harta, dan anak-anak, serta anugerahkanlah kami syukur atas nikmat-Mu, ibadah yang baik, dan kemenangan di surga-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pengasih. Aamiin yaa rabb….

Insya Allah bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini