Muktamar Internasional di Makkah, Muhammadiyah Soroti Pembangunan Manusia Berbasis Al-Qur'an
Fathurrahman Kamal, menghadiri Muktamar Internasional di Makkah. foto: ist
UM Surabaya

Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Fathurrahman Kamal, menghadiri Muktamar Internasional bertajuk Hidayatu al-Quran fi Bina’ al-Insan (Petunjuk Al-Quran dalam Pembangunan Manusia) yang diselenggarakan oleh Markaz Makkah al-‘Alamiy li al-Huda al-Qur’aniy pada 3-4 September 2024 di Distrik an-Nasim, Makkah.

Dalam acara ini, Fathurrahman didampingi Saiful Bahri, anggota Bidang Tabligh Global dan Kerjasama Internasional serta Ketua Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Muktamar ini dihadiri oleh para akademisi dari berbagai universitas terkemuka, ulama, dan pemerhati studi Al-Quran dari berbagai negara.

Fathurrahman menyatakan kehadirannya di muktamar tersebut juga atas mediasi dan dukungan Ustaz Adi Hidayat, Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Tabligh Global dan Kerjasama Internasional.

Muktamar ini bertujuan untuk menghadirkan autentisifikasi akademik dalam pembangunan sumber daya manusia sesuai dengan petunjuk Al-Quran, serta mengeksplorasi pengaruh petunjuk Al-Quran dalam menavigasi peradaban manusia dan mencari resolusi atas berbagai problematika global.

“Selain itu, pertemuan ini juga membahas pengarusutamaan nilai-nilai luhur kemanusiaan melalui petunjuk Al-Quran dan menitikberatkan kajian Al-Quran, khususnya dalam mengarusutamakan petunjuk-petunjuknya yang kaya perspektif dan relevan dengan kehidupan kontemporer,” ujar Fathurrahman dalam siaran pers yang diterima redaksi pada Jumat (6/9/2024).

Sesi pleno pertama muktamar ini menghadirkan empat narasumber, yaitu Prof. Dr. Thaha Abidin dari International University of Africa (IUA), Sudan, yang membahas manusia dan petunjuk Al-Quran dari berbagai sudut pandang. Dr. Thalal Muhammad Sulaiman Abu Al-Nour dari Universitas Ummul Qura Makkah dan Prof. Dr. Nabil Muhammad Al-Jauhariy dari Universitas Al-Azhar Mesir membahas peradaban dua Tanah Suci (Haramain Al-Syarifain) dalam perspektif petunjuk Al-Quran.

Sebagai pembicara keempat, Prof. Dr. Enver Gicic dari Novi Pazar College, Serbia, menguraikan pengaruh petunjuk Al-Quran dalam membangun akhlak mulia dan nilai-nilai dalam kehidupan manusia.

Di sela-sela kegiatan muktamar, Fathurrahman Kamal dan rombongan juga menyempatkan diri bersilaturahmi ke Yayasan Al-Burhan li Khidmati as-Sunnah wa al-Quran untuk mendiskusikan roadmap pembelajaran dan internalisasi nilai-nilai Al-Quran bagi generasi milenial, Z, dan alpha. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini