Tanda-Tanda Orang Beriman yang Sejati
foto: shutterstock
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal.” (QS. Al-Anfal: 2)

Ayat ini menggambarkan beberapa ciri khas dari orang-orang beriman, yaitu mereka yang memiliki kepekaan tinggi terhadap kebaikan dan keburukan yang mereka lakukan.

Ketika nama Allah disebut, hati mereka bergetar. Ketika ayat-ayat-Nya dibacakan, iman mereka semakin kokoh.

1. Hati yang Gemetar Saat Disebut Nama Allah:

Ini menunjukkan tingkat kekhusyukan dan rasa takut kepada Allah yang muncul dari kesadaran mendalam akan keagungan dan kekuasaan-Nya.

2. Iman yang Bertambah saat Mendengar Ayat-Ayat Allah:

Setiap kali mendengar ayat-ayat Allah, seorang mukmin akan merasakan peningkatan iman. Hal ini terjadi karena ia merenungi makna dan pesan yang terkandung di dalam ayat-ayat tersebut.

3. Tawakal kepada Allah:

Ciri lainnya dari orang beriman adalah mereka selalu berserah diri dan percaya sepenuhnya kepada Allah dalam setiap urusan mereka.

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Barang siapa yang merasa senang dengan kebaikannya dan merasa sedih dengan keburukannya, maka ia adalah orang yang beriman.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang beriman dengan sepenuh hati, yang senantiasa peka terhadap panggilan kebaikan, dan bertawakal hanya kepada Allah. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini