UM Surabaya

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah melalui hadis Sufyan ibnu Uyaynah dengan sanad yang sama. Imam Ahmad telah meriwayatkannya dari jalur yang sama, dan Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Abdullah Az-Zahrani, telah menceritakan kepada kami Hafs ibnu Umar Al-Adni, dari Al-Hakam ibnu Aban, dari Ikrimah yang mengatakan bahwa ketika ayat ini diturunkan, yaitu firman-Nya: kemudian kalian pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kalian megah-megahkan di dunia itu). (At-Takatsur: 8) Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, nikmat apakah yang kami dapatkan, sesungguhnya kami hanya makan roti gandum untuk mengganjal perut kami?” Maka Allah mewahyukan kepada Nabi-Nya: Katakanlah kepada mereka, “Bukankah kamu mengenakan terompah dan minum air yang sejuk? Itu adalah termasuk nikmat.โ€

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Zar’ah, telah menceritakan kepada kami Ibrahim ibnu Musa, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Sulaiman ibnul Asbahani, dari Ibnu Abu Laila, yang menurut perawi diyakini ia menerimanya dari Amir, dari Ibnu Mas’ud, dari Nabi (shallallahu ‘alaihi wasallam) sehubungan dengan makna firman-Nya: kemudian kalian pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kalian megah-megahkan di dunia itu). (At-Takasxir: 8) Kemudian beliau (shallallahu ‘alaihi wasallam) bersabda: (yaitu) Keamanan dan kesehatan.

Zaid ibnu Aslam telah mengatakan dari Rasulullah (shallallahu ‘alaihi wasallam) sehubungan dengan makna firman-Nya: kemudian kalian pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan. (At-Takatsur: 8) Yakni perut kenyang, minuman yang sejuk, naungan rumah. penciptaan bentuk yang tegak (sempurna). dan nikmatnya tidur.

Ibnu Abu Hatim telah meriwayatkannya dengan sanad seperti di atas, dari Zaid ibnuy Aslam dalam permulaan surat ini.

Sa’id ibnu Jubair mengatakan bahwa akan dipertanyakan juga sampai madu yang diminum. Mujahid mengatakan akan dipertanyakan pula semua kesenangan dunia. Al-Hasan Al-Basri mengatakan bahwa termasuk nikmat yang akan dipertanyakan ialah makan siang dan makan malam. Abu Qilabah mengatakan bahwa termasuk nikmat ialah makan samin dan madu dengan roti. Dan pendapat yang paling mencakup adalah yang dikemukakan oleh Mujahid.

Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya: kemudian kalian pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan. (At-Takatsur: 8) Bahwa nikmat itu adalah kesehatan tubuh, pendengaran, dan penglihatan. Allah akan mempertanyakan hamba-hamba-Nya untuk apakah semuanya itu digunakan, sedangkan Dia Maha Mengetahui hal tersebut dari mereka. Hal ini disebutkan oleh firman-Nya dalam ayat yang lain, yaitu: Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya. (Al-Isra: 36)

Di dalam kitab Sahih Bukhari dan Sunan Turumuzi serta Sunan Nasai dan Sunan Ibnu Majah telah disebutkan melalui hadis Abdullah ibnu Sa’id ibnu Abu Hindun, dari ayahnya, dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah (shallallahu ‘alaihi wasallam) pernah bersabda:

“ู†ูุนู’ู…ูŽุชูŽุงู†ู ู…ูŽุบู’ุจููˆู†ูŒ ูููŠู‡ูู…ูŽุง ูƒูŽุซููŠุฑูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู: ุงู„ุตู‘ูุญู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ููŽุฑูŽุงุบู”

Ada dua macam nikmat yang banyak memperdaya kebanyakan manusia, yaitu kesehatan dan waktu luang.

Makna yang dimaksud dari hadis ini ialah bahwa mereka melalaikan mensyukuri kedua nikmat tersebut dan tidak mengerjakan apa yang seharusnya dilakukan terhadap keduanya. Dan barang siapa yang tidak menunaikan suatu hak yang diwajibkan atas dirinya, maka dia adalah orang yang terperdaya.

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุญูŽุงููุธู ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ุงู„ู’ุจูŽุฒู‘ูŽุงุฑู: ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ู‚ูŽุงุณูู…ู ุจู’ู†ู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ูˆูŽุฒููŠู‘ูุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ููŠู‘ู ุจู† ุงู„ุญุณู† ุงุจู† ุดูŽู‚ููŠู‚ูุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุญูŽู…ู’ุฒูŽุฉูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ู„ูŽูŠู’ุซูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ููŽุฒูŽุงุฑูŽุฉูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ูŠูŽุฒููŠุฏูŽ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุฃูŽุตูŽู…ู‘ูุŒ ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: “ู…ูŽุง ููŽูˆู’ู‚ูŽ ุงู„ู’ุฅูุฒูŽุงุฑูุŒ ูˆูŽุธูู„ู‘ู ุงู„ู’ุญูŽุงุฆูุทูุŒ ูˆุฎูุจู’ุฒุŒ ูŠูุญูŽุงุณูŽุจู ุจูู‡ู ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉูุŒ ุฃูŽูˆู’ ูŠูุณู’ุฃูŽู„ู ุนูŽู†ู’ู‡ู”

Al-Hafiz Abu Bakar Al-Bazzar mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Qasim ibnu Muhammad ibnu Yahya Al-Marwazi, telah menceritakan kepada kami Ali ibnul Husain ibnu Syaqiq, telah menceritakan kepada kami Abu Hamzah, dari Lais, dari Abu Fazzarah, dari Yazid ibnu Asam, dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah (shallallahu ‘alaihi wasallam) telah bersabda: Pakaian di atas kain, naungan tembok (rumah), dan air minum, kelak seorang hamba akan dihisab mengenainya atau diminta pertanggungjawabannya.

Kemudian Imam Al-Bazzar mengatakan bahwa kami tidak mengenai hadis ini kecuaii hanya melalui sanad ini.

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู: ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุจูŽู‡ู’ุฒูŒ ูˆูŽุนูŽูู‘ูŽุงู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽุง ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุญูŽู…ู‘ูŽุงุฏูŒ -ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽูู‘ูŽุงู†ู ููŠ ุญุฏูŠุซู‡: ู‚ุงู„ ุฅุณุญุงู‚ ุงุจู† ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุตูŽุงู„ูุญูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: “ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ -ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽูู‘ูŽุงู†ู: ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ-: ูŠุง ุจู† ุขุฏูŽู…ูŽุŒ ุญูŽู…ูŽู„ู’ุชููƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุจูู„ูุŒ ูˆูŽุฒูŽูˆู‘ูŽุฌู’ุชููƒูŽ ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกูŽุŒ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ุชููƒูŽ ุชูŽุฑู’ุจูŽุน ูˆูŽุชูŽุฑู’ุฃูŽุณูุŒ ููŽุฃูŽูŠู’ู†ูŽ ุดููƒู’ุฑู ุฐูŽู„ููƒูŽุŸ ”

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Bahz dan Affan, keduannya mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Hammad, bahwa Affan telah mengatakan dalam hadisnya bahwa Ishaq ibnu Abdullah telah meriwayatkan dari Abu Saleh, dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi (shallallahu ‘alaihi wasallam) yang telah bersabda: Allah (Subhanahu wa Ta’ala) berfirman โ€”Affan mengatakan pada hari kiamat nantiโ€” , “Hai anak Adam, Aku telah membawamu di atas kuda dan unta, dan Aku kawinkan kamu dengan wanita, dan Aku jadikan kamu dapat memimpin dan berkuasa, maka manakah ungkapan rasa syukurmu atas semuanya itu?โ€

Imam Ahmad meriwayatkan hadis ini secara munfarid melalui jalur ini.

Demikianlah akhir tafsir surat At-Takatsur, dan segala puji bagi Allah (Subhanahu wa Ta’ala) atas segala karunia-Nya.

Maha benar Allah dengan segala firman Nya. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini