‘Aisyiyah dan Kemenkop UKM RI Tandatangani MoU untuk Dukung Kewirausahaan Bagi Perempuan
Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bersama Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia resmi menandatangani nota kesepahaman.
UM Surabaya

Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bersama Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pembinaan dan pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan.

Acara tersebut berlangsung di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, pada Selasa (10/09/2024). Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara kedua pihak dalam mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kalangan perempuan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah, menekankan pentingnya kerja sama ini sebagai upaya untuk mengembangkan sektor UMKM yang semakin tumbuh di Indonesia.

“Kita mencatat, sektor UMKM terus berkembang. Ini tentunya berkat peran penting pemerintah yang terus memperkuat UMKM. MoU ini sangat penting dilakukan, karena adanya keselarasan peran antara ‘Aisyiyah dan pemerintah,” ujar Salmah.

MoU ini mencakup dua hal utama, yaitu pembinaan dan pemberdayaan koperasi UMKM bagi perempuan serta penyinergian sumber daya dan kompetensi yang dimiliki bersama untuk mendukung pemberdayaan perempuan di sektor kewirausahaan.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki, menyambut baik kerja sama ini dan menyatakan kesiapan kementeriannya untuk mendukung pelaksanaan teknis dari MoU tersebut.

“Nanti teknisnya akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan di Jakarta,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Busyro Muqoddas, Rektor Universitas Ahmad Dahlan sekaligus Ketua Majelis Pustaka Informasi PP Muhammadiyah Muchlas, Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PP ‘Aisyiyah Utik Bidayati, serta Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gunawan Budiyanto.

Selain penandatanganan MoU, acara ini juga diisi dengan Seminar Nasional ‘Aisyiyah bertema “Strategi Meningkatkan Daya Saing Koperasi dan UMKM ‘Aisyiyah dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Global.”

Seminar tersebut menampilkan beberapa pembicara, termasuk A.H. Novieta, Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop dan UKM RI, serta Amirullah Setya Hardi, yang memaparkan strategi koperasi dan UMKM dalam menghadapi pasar global. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini