Tauhid Modal Hidup
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Hidup dengan bertauhid merupakan asas atau dasar di dalam menjalani proses menuju Allah SWT. Menyembah Allah adalah satu satunya Tuhan yang kita imani tiada lainnya.

لااله الا الله

Tuada Tuhan yang berhak di sembah selain Allah.

محمد رسول الله

Nabi Muhammad utusan Allah.

Ini harus menghunjam di hati sanubari kita. Merasuki relung sukma dan terus mengalir selagi manusia masih hidup.

Jiwa yang berisi tauhid akan menjadi modal hidup di dunia sampai hidup di akhirat kelak.

Allah SWT berfirmanam

وَكَيْفَ اَخَافُ مَاۤ اَشْرَكْتُمْ وَلَا تَخَافُوْنَ اَنَّكُمْ اَشْرَكْتُمْ بِاللّٰهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهٖ عَلَيْكُمْ سُلْطٰنًا   ۗ  فَاَيُّ الْفَرِيْقَيْنِ اَحَقُّ بِالْاَمْنِ ۚ  اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Bagaimana aku takut kepada apa yang kamu persekutukan (dengan Allah), padahal kamu tidak takut dengan apa yang Allah sendiri tidak menurunkan keterangan kepadamu untuk menyekutukan-Nya. Manakah dari kedua golongan itu yang lebih berhak mendapat keamanan (dari malapetaka), jika kamu mengetahui?” (QS. Al-An’am 6: Ayat 81)

Kandungan ayat,

  1. Tidak Patut Takut ; “Bagaimana aku takut kepada apa yang kamu persekutukan (dengan Allah), padahal kamu tidak takut dengan apa yang Allah sendiri tidak menurunkan keterangan kepadamu untuk menyekutukan-Nya.
  2. Dua Golongan ; “Manakah dari kedua golongan itu yang lebih berhak mendapat keamanan (dari malapetaka), jika kamu mengetahui?”

Ibrah yautu pelajaran yang bisa dipetik

  1. Ketauhidan bila menjalari seluruh tulang, syaraf dan aliran darah maka musnahlah takut, yang ada adalah berani karena Allah SWT.
  2. Karena selain Allah, semuanya makhluk belaka.
  3. Maka martabat tauhid menjadi modal hidup.
  4. Modal tauhid tidak sekedar menumbuhkan keyakinan, namun akan menjelma menjadi ketabahan, kesabaran juga keberanian.
  5. Sebagaimana Nabi Ibrahim dengan tenangnya zikir di dalam kobaran api dahsyat, namun Nabi Ibrahim begitu menikmatinya.
  6. Tauhid sanggup menghadapi berbagai tantangan serta warna hidup.

Catatan

  1. Tauhid bukanlah semata-mata keyakinan hidup, tetapi tauhid benar-benar menjadi modal bahkan benteng hidup yang sebenar-benarnya
  2. Tauhid menjadi sarana terjaminnya keamanan hidup di dunia sampai akhirat nanti.

Do’a

اِنَّهٗ كَانَ فَرِيْقٌ مِّنْ عِبَادِيْ يَقُوْلُوْنَ  رَبَّنَاۤ اٰمَنَّا فَاغْفِرْ لَـنَا وَارْحَمْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰحِمِيْنَ

Sungguh ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdoa, Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat, Engkau adalah pemberi rahmat yang terbaik.”

(QS. Al-Mu’minun 23: Ayat 109)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini