Delegasi Muslim Australia Tertarik Belajar Pandangan Keagamaan Muhammadiyah
PP Muhammadiyah menerima kunjungan delegasi Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) yang dipimpin Co-Founder Mosaic Connections program AIMEP, Rowan Gould (tengah).
UM Surabaya

PP Muhammadiyah menerima kunjungan delegasi Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) yang dipimpin Co-Founder Mosaic Connections program AIMEP, Rowan Gould di Kantor Pusat PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2024).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dzulfikar Ahmadi Tawalla. Ia mengatakan, kunjungan ini bagian dari pengenalan AIMEP kepada Muhammadiyah.

“Lewat kunjungan ini AIMEP ingin mengenal lebih jauh tentang Muhammadiyah, apa saja sepak terjang Muhammadiyah selama ini dan konsep-konsep fikih Muhammadiyah, dan berbagai hal yang tentu menunjang kegiatan sehari-hari Muhammadiyah di Indonesia,” jelas Dzulfikar.

Dalam pertemuan itu, lanjut Dzulfikar, salah satu fokus pembahasan adalah terkait fenomena islamofobia yang banyak dihadapi umat muslim di daerah yang mereka menjadi minoritas.

Menurut Dzulfikar, muslim Australia terus mengkampanyekan bahwa Islam itu adalah agama yang penuh kedamaian. Islam juga sebagai agama yang membawa kemajuan peradaban.

“Dan yang utama sebenarnya adalah menjawab tudingan bahwa, Islam itu dianggap membawa kepada peradaban yang memundurkan peradaban. Justru kita berharap bahwa teman-teman muslim Australia itu memberikan gambaran bahwa sebenarnya justru Islamlah yang selama ini membawa kemajuan bagi peradaban ini,” sambung Dzulfikar.

Meski berada di daerah minoritas, Dzulfikar menyebut, muslim di Australia punya semangat dalam menyebarkan Islam. Termasuk penggunaan hijab hingga puasa.

“Tadi secara sederhana dijelaskan bagaimana mereka menjelaskan tentang hijab, mereka menjelaskan tentang puasa dan lain-lain. Kita berharap dari interaksi-interaksi itu, semangat dasar memperkenalkan betapa Islam itu adalah agama yang penuh dengan kedamaian, agama yang mengajarkan tentang cinta kasih dan lain sebagainya,” jelasnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini