Rosulullah Hanya Sakit Dua Kali, Berikut Lima Kunci Jaga Kesehatannya
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr. Agus Taufiqurrahman.
UM Surabaya

Selama masa hidup sampai akhir hayatnya di usia 63 tahun, Rasulullah Muhammad SAW disebutkan dalam beberapa riwayat pernah mengalami sakit hanya dua kali.

Fakta itu menarik, sebab menurut Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dr Agus Taufiqurrahman yang merupakan dokter ahli saraf menyebut, manusia biasa sering mengalami sakit selama masa hidupnya.

Selama masa hidup, Rasulullah Muhammad hanya sakit dua kali, yang pertama adalah ketika demam sesaat setelah menerima wahyu pertama dari Malaikat Jibril, dan sakit yang kedua adalah sakit menjelang meninggalnya.

Tapi dalam riwayat yang lain juga disebutkan, sakit yang pertama itu bukan demam sesaat setelah mendapatkan wahyu – sebab itu tidak bisa disebut sakit. Akan tetapi sakit yang pertama adalah ketika kaki Rasulullah Muhammad berdarah ketika dilempari batu oleh penduduk Thaif.

Akan tetapi yang ingin disampaikan oleh dr. Agus adalah bukan perdebatan soal kapan waktunya Rasulullah sakit. Melainkan perihal apa yang menyebabkan Rasulullah semasa hidupnya amat jarang sakit.

“Sehat yang dilakukan Rasul itu memenuhi empat kriteria sehat (sehat fisik, jiwa, sosial, dan spiritual),” ungkap dr. Agus Taufiqurrahman.

Adapun kunci sehat yang dijalani oleh Rasulullah itu sekurangnya meliputi lima hal, yaitu menjaga kebersihan, menjaga makan, menjaga emosi, kebiasaan mengatur tidur dan bangun lebih awal, dan kebiasaan Rasulullah Muhammad yang sering melakukan puasa.

Terkait dengan kebiasaan berpuasa yang dilakukan oleh Rasulullah, kata dr. Agus, selain menyehatkan, juga dapat mencegah penuaan dini. Puasa dapat dijadikan sebagai cara untuk antiangina. Hal itu dibuktikan dari hasil penelitian orang Jepang yang bernama Yoshinori Ohsumi yang juga memenangi hadiah Nobel Kedokteran tahun 2016.

“Termasuk orang yang ingin menaikkan kekebalan tubuh. Penelitian itu banyak tentang bagaimana puasa bisa menaikkan kekebalan tubuh,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dr. Agus berpesan supaya seorang muslim beserta keluarganya untuk senantiasa menerapkan lima kebiasaan Rasulullah dalam hidupnya yaitu hidup bersih, jaga pola makan, jaga emosi, mengatur waktu tidur dan bangun, serta membiasakan diri berpuasa. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini