Adakah Keutamaan Sedekah Jum’at?
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Jumah Mubarakh

Apakah sedekah di hari Jum’at memiliki keutamaan khusus dan pahala khusus ?

Jawabnya, tidak perlu mengkhususkan hari Jum’at untuk bersedekah. Karena pengkhususan yang demikian membutuhkan dalil. Dan tidak ada dalil yang mengkhususkan hari Jum’at untuk bersedekah.

Alasan lainnya, walaupun hari Jum’at memiliki berbagai kekhususan dan keutamaan, ternyata terdapat larangan untuk mengkhususkan hari Jum’at untuk berpuasa. Juga terdapat larangan mengkhususkan malam Jum’at untuk melaksanakan salat khusus.

Nabi Shallallahu ’Alaihi Wasallam bersabda:

“Jangan kalian mengkhususkan malam Jum’at untuk melakukan salat tertentu dibandingkan malam- malam yang lain. Dan jangan kalian mengkhususkan untuk puasa di hari Jum’at dibandingkan hari-hari yang lain. Kecuali jika hari Jum’at bertepatan dengan hari-hari kalian biasa berpuasa”
(HR. Muslim)

Dari Muhammad bin Abbad bin Ja’far, ia berkata:

“Aku bertanya kepada Jabir bin Abdillah tentang apakah Nabi Shallallahu ’Alaihi Wasallam melarang puasa di hari Jum’at? Jabir menjawab: benar”
(HR.Bukhari Muslim)

Dan dari Abu Hurairah RA, ia berkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wasallam bersabda:

“Janganlah kalian puasa di hari Jum’at. Kecuali kalian puasa di hari sebelumnya atau di hari setelahnya”
(HR.Bukhari Muslim)

Namun memang sebagian ulama menyebutkan adanya keutamaan sedekah di hari Jum’at.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:

“Di antara petunjuk Nabi Shallallahu ’Alaihi Wasallam adalah mengagungkan hari ini (hari Jum’at) dan memuliakannya. Juga mengkhususkan hari tersebut dengan ibadah-ibadah dibandingkan hari- hari lainnya”
(Zaadul Ma’ad 1/363)

Di antara bentuk pengkhususan tersebut, beliau juga menjelaskan:

“Sedekah memiliki keistimewaan di hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya. Bersedekah di hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya selama satu pekan seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan- bulan lainnya”
(Zaadul Ma’ad 1/394)

Beliau juga mengatakan:

“Dan aku melihat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah (semoga Allah mensucikan ruhnya) beliau keluar rumah dan membawa apa yang ia miliki di dalam rumah berupa roti atau makanan lainnya, kemudian beliau sedekahkan di jalan secara sembunyi-sembunyi. Dan aku pernah mendengar beliau berkata: Ketika Allah memerintahkan kita untuk bersedekah sebelum bermunajat kepada Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wasallam, maka sedekah sebelum bermunajat kepada Allah lebih utama dan lebih besar keutamaannya”
(Zaadul Ma’ad 1/394)

InsyaAllah bermanfaat.

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini