Mengukur Kinerja dan Dinamika Dakwah, Muhammadiyah Kembangkan SITAMA
UM Surabaya

Berkaitan dengan upaya mengintegrasikan informasi dan data tabligh Muhammadiyah se-Indonesia, Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengembangkan Sistem Informasi Tabligh Muhammadiyah (SITAMA). Sistem ini bisa diakses secara online melalui system.tabligh.id

Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Fathurrahman Kamal  mengatakan, Sistem ini dimaksudkan untuk mengukur kinerja dan dinamika dakwah Muhammadiyah dengan mengintegrasikan Sistem Informasi Mubalig, Masjid/Musala, dan Pengajian Muhammadiyah/Aisyiyah beserta semua organisasi otonom Muhammadiyah.

Oleh karena itu melalui SITAMA, Majelis Tabligh PP Muhammadiyah memberikan instruksi kepada  Majelis/Bagian Tabligh di seluruh level pimpinan Muhammadiyah untuk mensosialisasikan aplikasi ini kepada semua mubalig dan pimpinan Muhammadiyah.

“Semua unsur pimpinan, majelis, lembaga, dan organisasi otonom Muhammadiyah di semua level pimpinan, dengan tujuan agar semua menginput data diri masing-masing sebagai mubalig  dan seluruh kegiatan majelis/ bagian tabligh melalui sistem ini,” kata Fathurrahman pada Jum’at (13/9/2024).

Selain itu juga Majelis Tabligh di seluruh level pimpinan Muhammadiyah diminta mensosialisasikan kepada  seluruh Korps Muballigh Muhammadiyah (KMM) di seluruh level pimpinan.

Termasuk seluruh pengurus pengajian Muhammadiyah dari semua unsur Muhammadiyah dan level pimpinan, Takmir Masjid/Musala Muhammadiyah di lingkungan masing-masing,  dengan tujuan agar mereka menginput data kegiatan KMM, data masjid dan pengajian masing-masing ke dalam sistem ini.

Guna memaksimalkan inputisasi data melalui SITAMA, Majelis Tabligh PP Muhammadiyah juga menginstruksikan bagi Majelis Tabligh Muhammadiyah yang belum mendirikan KMM, agar segera membentuk dan mendirikan KMM di lingkungan masing-masing.

Setelah adanya Sistem ini, Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengharapkan kepada semua stakeholders Majelis Tabligh Muhammadiyah di seluruh level pimpinan senantiasa memantau dinamika penggunaan sistem ini untuk mendukung dakwah dan tabligh Muhammadiyah.

Selanjutnya Ditegaskan pula  bahwa sistem informasi dan data tabligh ini dikelola dengan semangat ikhlas-dedikatif, amanah, serta penuh tanggungjawab terutama menyangkut keamanan dan privasi data terkait. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini