Gelap dan Terang
foto; ultraimagehub.com
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Tanda kekuasaan Allah secara kauniah terbentang luas. Langit bumi, lauran dan daratan merupakan kekuasaan Allah yang terbentang. Namun bagi orang-orang yang hatinya bersarang penyakit, mereka tetap ingkar kepada Allah SWT.

Orang-orang kafir selamanya tetap menolak fenomena kuasa Allah yang digelar. Walau itu nyata dalam pandangan mereka, tetapi teraplah mereka mengingkarinya, itulah karakter kafirin.

Allah SWT berfirman:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمٰتِ وَالنُّوْرَ ۗ ثُمَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُوْنَ

“Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dan menjadikan gelap dan terang, namun demikian orang-orang kafir masih mempersekutukan Tuhan mereka dengan sesuatu.”
(QS. Al-An’am 6: Ayat 1)

Kandungan ayat,

1. Maha Pencipta ; “Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi
2. Gelap dan Terang ; “Dan menjadikan gelap dan terang
3. Orang Kafir Tetap Musyrik; ” Namun demikian orang-orang kafir masih mempersekutukan Tuhan mereka dengan sesuatu.”

Ibrah yaitu pelajaran yan dapat di petik

Allah Maha Kuasa atas segalanya, menjadikan gelap dan terang, hal ini tidaklah membuat orang-orang kafir menjadi penyembah Allah, maka sebaliknya, orang-orang kafir semakin jauh bahkan, mempersekutukan Allah.

“Maka waspadalah dan janganlah terjebak dengan propaganda orang-orang kafir, karena mereka tidak henti-hentinya berupaya memadamkan cahaya Islam”

Catatan

Gelap dan terang, ini harus dijiwai secara mendalam diantaranya tertera 2 pilihan;

1. Gelap; segala sesuatu yang tidak bisa nampak jelas. Maka orang-orang yang menyembah selain Allah, memusuhi agamanya, orang-orang golongan inilah yang diibaratkan dalam dunia kegelapan.

2. Terang; segala sesuatu yang nampak dengan jelas. Maka orang-orang yang mengambil petunjuk Allah, mengikuti ajaran rosulnya, orang-orang inilah gambaran dari golongan yang mendapat petunjuk Allah SAW. Dan orang-orang golongan ini yang akan merasakan kebahagiaan, baik dunia maupun akhirat.

Semoga kita adalah termasuk golongan orang-orang yang yang mendapat cahaya terang (hidayah) Allah SWT. Aamiin

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini