Hafiz 30 Juz, Fakhriyah Qonita Raih Beasiswa Penuh dari Kampus Muhammadiyah
Hanan Fakhriya Qonita
UM Surabaya

Melalui jalur Beasiswa Program Misi (BPM) Hafiz Al Qur’an Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Hanan Fakhriya Qonita kuliah di UAD dan terbebas dari biaya kuliah selama 8 semester.

Hanan merupakan hafiz Al Qur’an 30 juz kelahiran Kabupaten Bantul. Awalnya dirinya tidak menyangka bisa meraih beasiswa 8 semester di UAD, sebab seleksi persaingan begitu ketat.

“Aku awalnya minder banget, tapi setelah dicoba dan ikut tes ternyata diterima. Alhamdulillah, aku nggak nyangka,” ungkap mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) itu.

Dalam keterangan pers yang diterima redaksi muhammadiyah.or.id pada Jum’at (13/9), disebutkan bahwa Fakhriya rupayan telah membulatkan tekad menjadi hafiz Al Qur’an sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Saat ini Fakhriyah duduk di bangku kuliah telah berhasil menghafal 30 juz Al Qur’an. Namun demikian proses menghafal dan mengulang ayat tidak selalu mudah baginya. Setiap fase tentu memiliki kesulitan tersendiri.

“Tantangannya banyak banget, kadang juga lelah, tapi menurut aku yang lebih sulit dari menghafal adalah menjaga hafalan itu sendiri,” katanya.

Fakhriya mengaku bersyukur berada di lingkungan yang baik dan suportif terhadap mimpinya. Menurutnya, lingkungan merupakan salah satu faktor penting terhadap keberhasilannya dalam menghafal Al-Qur’an.

“Menurutku kalau kita hidup di tengah-tengah orang yang tidak ada penghafal Al-Qur’an, rasanya susah banget,” katanya menanggapi pertanyaan seputar lingkungan.

Tak lupa, Fakhriya juga memberikan tips untuk menghafal Al-Qur’an. “Selain lingkungan yang suportif, niat yang kuat harus ditanamkan terlebih dahulu, karena kalau setengah-setengah, nanti nggak dapat hafalannya, juga harus selalu murajaah (mengulang hafalan),” sambungnya.

Berbekal tekad yang kuat dan kegigihannya dalam menjaga hafalan Al-Qur’an, Fakhriya dapat terbebas dari biaya kuliah 8 semester selama berkuliah di UAD melalui BPM. Semoga kisah Fakhriya dapat menginspirasi teman-teman yang juga ingin menghafal Al-Qur’an. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini