Kekuatan Husnuzon dalam Memperbaiki Hubungan
foto: frepik
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Semakin tinggi ilmunya, semakin banyak melihat kebenaran orang lain. Semakin tinggi makrifatnya, semakin tidak melihat kesalahan orang lain.”

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada berbagai tantangan dan masalah yang bisa menimbulkan rasa jengkel atau kesal. Hal ini sering kali membuat kita terjebak dalam prasangka buruk terhadap orang lain.

Namun, dalam ajaran Islam, umat diajarkan untuk senantiasa berfikir positif, atau yang dikenal dengan istilah husnuzon.

Husnuzon berasal dari kata “husnu” yang berarti baik, dan “zan” yang berarti prasangka. Secara istilah, husnuzon adalah sikap berpikir positif terhadap tindakan atau perbuatan orang lain.

Lawan dari husnuzon adalah suudzon, yaitu prasangka buruk yang didasari oleh tuduhan tanpa bukti yang jelas.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اجۡتَنِبُوۡا كَثِيۡرًا مِّنَ الظَّنِّ اِنَّ بَعۡضَ الظَّنِّ اِثۡمٌۖ وَّلَا تَجَسَّسُوۡا وَلَا يَغۡتَبْ بَّعۡضُكُمۡ بَعۡضًا ؕ اَ يُحِبُّ اَحَدُكُمۡ اَنۡ يَّاۡكُلَ لَحۡمَ اَخِيۡهِ مَيۡتًا فَكَرِهۡتُمُوۡهُ ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ؕ اِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيۡمٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.” (Qs. Al-Hujurat: 12)

Menurut Ibnu Katsir dalam tafsirnya, Allah SWT melarang hamba-Nya yang beriman untuk berprasangka buruk kepada orang lain, terutama jika tuduhan tersebut tidak berdasar. Beberapa dugaan semacam ini merupakan dosa yang harus dijauhi.

Oleh karena itu, marilah kita belajar untuk senantiasa memiliki husnuzon terhadap orang lain. Dengan cara ini, kita bisa menciptakan kehidupan yang penuh kedamaian dan kebahagiaan di dunia ini.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini