UM Surabaya

Pertama dari tanda-tanda itu ialah meneladani Nabi Saw, mengamalkan sunnahnya (ajarannya), mengikuti perkataan dan perbuatannya, dan beradab dengan adab-adabnya, (baik) pada saat kesusahan maupun kemudahan, pada waktu senang maupun benci.”

Mereka yang setia memelihara sunah-sunah Rasul itulah yang sebenar-benarnya orang yang mencintai Rasulullah saw. Merekalah itulah golongan Rasulullah yang bersama-sama akan memasuki surga.

Sebagaimana firman Allah, Dan siapa yang menaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itulah yang akan bersama-sama dengan orang-orang yang diberikan nikmat oleh Allah, yaitu para Nabi, shiddiqin, para syuhada, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah sebaik-baiknya teman. (An-Nisa’ [4]: 69).

Ciri-ciri orang yang cinta kepada Rasulullah Saw adalah senantiasa menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah Saw, baik dalam ibadah, tingkah laku, dan dalam semua kehidupan mereka.

Hal ini karena sunnah Rasulullah Saw adalah petunjuk yang diridhai oleh Allah Swt. Seseorang semakin semangat mengikutinya, maka semakin dekat untuk dia selalu menempuh jalan Allah SwT.

Sungguh-sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu contoh teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang-orang yang mengharapkan rahmat Allah dan balasan kebaikan di hari akhir, serta banyak berdzikir kepada Allah. (Al-Ahzab [33]: 21)

Ayat ini menggambarkan bahwasanya teladan yang ada pada diri Rasulullah Saw itu adalah teladan kebaikan. Berarti jika semakin banyak kita mengikutinya, maka kita akan semakin dimudahkan taufik dari Allah SwT untuk menempuh jalannya yang lurus.

Dan di ayat ini, Allah menyebutkan: “Pada diri Rasulullah,” berarti bukan hanya masalah ibadah atau iman meskipun jelas ini yang paling penting. Tapi juga pada akhlak dan tingkah laku. Makanya dalam Tafsir Ibnu Katsir, beliau mengatakan: “Ayat yang mulia ini merupakan landasan yang paling kuat dan agung, yang menjadi dalil kepada kita untuk mengambil teladan dari petuntuk Rasulullah saw dalam ucapan, perbuatan, maupun keadan beliau.”

Merealisasikan Cinta Kepada Rasullullah  

Mencintai Rasulullah Saw tidaklah sekedar ucapan tetapi harus diwujudkan dengan melaksanakan semua ajaran dan contoh teladan yang diberikan Rasulullah. Bentuk sederhana ketika kita mengatakan

mencintai Rasulullah adalah dengan memperbanyak selawat kepadanya. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QAl-Ahzab [33]: 56).

Selain itu, ada beberapa bentuk realisasi cinta kepada Rasulullah Saw yang bisa kita implementasikan dalam kehidupan kita:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini