Festival Eco Bhineka 2024: Harmoni Lintas Agama untuk Bumi yang Sehat
foto: ist
UM Surabaya

Dalam upaya mempromosikan kerukunan antar umat beragama melalui pelestarian lingkungan, Eco Bhineka Muhammadiyah menggelar Festival Eco Bhineka 2024 dengan tema “Surakarta Beragam” di Balai Kota Surakarta, pada Sabtu (21/9/2024).

Acara ini dihadiri oleh berbagai instansi, tokoh masyarakat lintas agama, aktivis, dan pegiat lingkungan yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam.

Festival Eco Bhineka merupakan inisiatif untuk mendorong toleransi antar agama dan budaya melalui pendekatan pelestarian lingkungan.

Gerakan ini bertujuan untuk mewariskan lingkungan yang sehat dan asri kepada generasi mendatang.

Hening Parlan, Direktur Program Eco Bhineka, menyampaikan bahwa Muhammadiyah memiliki komitmen kuat terhadap keberagaman.

“Kami mengundang berbagai pihak dari lintas agama untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan, karena menjaga bumi ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ungkapnya.

Ia juga menekankan pentingnya keberagaman dalam menciptakan harmoni dan upaya pelestarian alam yang lebih efektif.

Kabid Organisasi PP Nasyiatul Aisyiyah, Sumarni Sulistiawati, menyambut baik acara Festival Eco Bhineka 2024. Menurutnya, acara ini adalah wadah penting untuk merajut tali persaudaraan dalam menghadapi tantangan lingkungan.

“Program-program dan pilar Nasyiatul Aisyiyah selaras dengan tujuan Eco Bhineka,” tambahnya.

Dalam acara tersebut, Wati juga meresmikan Festival Eco Bhineka 2024 dan meluncurkan maskot Eco Bhineka bersama para tokoh masyarakat lintas agama.

“Launching maskot ini diharapkan dapat menjadi simbol kebersamaan masyarakat dalam menjaga keragaman dan kelestarian lingkungan,” katanya.

Festival ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti perlombaan, bazar UMKM, acara hiburan, serta talkshow yang berfokus pada isu-isu lingkungan.

Melalui serangkaian kegiatan ini, Festival Eco Bhineka 2024 diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas dan keberagaman dalam menjaga lingkungan agar tetap asri dan lestari. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini