Setipis Kulit Ari
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Selain Allah tiada kekuatan walau setipis kulit ari. Ini menggambarkan tiada keberdayaan makhluk, tiada kekuatan sama sekali.

لاحول ولا قوة الا بالله العلي العظيم

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

يُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَا رِ وَيُوْلِجُ النَّهَا رَ فِى الَّيْلِ ۚ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَا لْقَمَرَ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَ جَلٍ مُّسَمًّى ۗ ذٰ لِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ لَـهُ الْمُلْكُ ۗ وَا لَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖ مَا يَمْلِكُوْنَ مِنْ قِطْمِيْرٍ ۗ

“Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, milik-Nya-lah segala kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.”
(QS. Fatir 35: Ayat 13)

Kandungan Ayat,

1. Pergeseran waktu ; “Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang ditentukan.
2. Milik Allah ; “Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, milik-Nya-lah segala kerajaan.
3. Setipis kulit ari ; “Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.”

‘Ibrah yaitu pelajaran yang dapat dipetik ;

1. Tuhan menunjuk halus kepada siang, malam, matahari dan bulan, ke dalam tata surya yang rapi serta disiplin dalam beredar merupakan kekuasaan dan ketentuan Alloh.

2. Allah menunjuk kekuasaan yang di bumi, memberi pendidikan nyata dan fakta, seakan itu semua memberi pelajaran bahwa sesungguhnya manusia tidaklah memiliki apapun.

3. Maka siapapun yang menyembah selain Allah, mereka tidaklah memiliki setitik kekuatan, tanpa Kekuatan Allah yang Maha Kuat (القوي).

Catatan

1. Ayat ini tantangan bagi orang-orang kafir, musyrik, zalim di dalam menegakkan prinsip mereka yang sesat.
2. Maka golongan yang mentauhidkan Tuhan merekakalah yang mendapatkan kekuatan murni dari Allah SWT.

🕹️ Hikmah
Menengadah ke langit, alangkah tinggi dan indah kelip bintangnya, namun tauhid lebih tinggi derajadnya.

Doa Kekuatan Iman

رَبَّنَآ إِنَّنَآ ءَامَنَّا فَٱغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Ya Tuhan kami, kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. QS. Ali-Imran 16. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini