Amal Kebajikan Vs Makar Kejahatan
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Kemuliaan adalah hak Allah, “Barang siapa menghendaki kemuliaan, maka (ketahuilah) kemuliaan itu semuanya milik Allah. Maka barangsiapa menjaga kemuliaan mereka akan dimuliakan Allah.

Diantara kemuiaan dalam satu sisi adalah perkataan kepada-Nyalah akan naik perkataan-perkataan yang baik, dan amal kebajikan Dia akan mengangkatnya.

Barang siapa menanam kejahatan, mereka akan memanen buah kejahatannya.

Orang-orang yang merencanakan kejahatan mereka akan mendapat azab yang sangat keras, dan rencana jahat mereka akan hancur. “Kehancuran bagi mereka yang menanam makanan kejahatan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

مَنْ كَا نَ يُرِيْدُ الْعِزَّةَ فَلِلّٰهِ الْعِزَّةُ جَمِيْعًا ۗ اِلَيْهِ يَصْعَدُ الْـكَلِمُ الطَّيِّبُ وَا لْعَمَلُ الصَّا لِحُ يَرْفَعُهٗ ۗ وَ الَّذِيْنَ يَمْكُرُوْنَ السَّيِّاٰتِ لَهُمْ عَذَا بٌ شَدِيْدٌ ۗ وَمَكْرُ اُولٰٓئِكَ هُوَ يَبُوْرُ

“Barang siapa menghendaki kemuliaan, maka (ketahuilah) kemuliaan itu semuanya milik Allah. Kepada-Nyalah akan naik perkataan-perkataan yang baik, dan amal kebajikan Dia akan mengangkatnya. Adapun orang-orang yang merencanakan kejahatan mereka akan mendapat azab yang sangat keras, dan rencana jahat mereka akan hancur.”
(QS. Fatir 35: Ayat 10)

Kandungan Ayat

1. Kemuliaan ; “Barang siapa menghendaki kemuliaan, maka (ketahuilah) kemuliaan itu semuanya milik Allah.
2. Naik Kepada Allah : “Kepada-Nyalah akan naik perkataan-perkataan yang baik, dan amal kebajikan Dia akan mengangkatnya.
3. Makar jahat ; “Adapun orang-orang yang merencanakan kejahatan mereka akan mendapat azab yang sangat keras, dan rencana jahat mereka akan hancur.”

Ibrah yaitu pelajaran yang dapat diambil ;

1. Kemuliaan itu milik Allah, maka orang – orang yang mengikuti, mentaati, membelanya akan mewarisi kemulyaan itu.
2. Dari nilai amal kata indah, perbuatan yang baik, akan mempesona pendenarnya dan semuanya akan naik saksi sebagai bukti amal baik disisi Allah SWT.
3. Adapun makar jahat akan mendapat azab Allah SWT.

Catatan

Menjaga kata – kata yang baik bagian dari hal yang fundamental, karena dari kata akan melahirkan hikmah yang indah dan menggembirakan, sebaliknya, kata – kata akan melahirkan ketersinggungan sehingga akan menghantam balik dalam kehancuran dirinya.

💍 Hikmah
1. Dari lisan manusia bisa mendapat pujian, dari lisan manusia akan mendapat hujatan.
2. Suatu saat makar jahat akan menguat, dan akan hancur terkubur azab.
“Na’udzu billah min dzalik”

🤲 Do’a

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Ya Tuhan kami terimalah (amalan) daripada kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. QS. Al-Baqarah/2; 127

Penjelasan:
Doa ini menjelaskan bahwa segala amalan yang dikerjakan oleh Nabi Ibrahim dipersembahkan semata-mata hanya untuk Allah. Nabi Ibrahim menyebutkan dua sifat Allah, yaitu Maha Mendengar bahwa Allah mendengar doa hamba-Nya dalam arti diterima oleh Allah dan Maha Mengetahui segala alasan dari doa yang dipanjatkan. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini