‘Aisyiyah Banggai Raih Peringkat Satu SDGs Action Awards 2024
‘Aisyiyah Banggai Raih Peringkat Satu SDGs Action Awards 2024.
UM Surabaya

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Banggai memperoleh penghargaan peringkat satu untuk kategori Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam SDGs Action Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) pada Senin (7/10/2024).

Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi tersebut.

“Penghargaan peringkat satu ini menjadi salah satu bukti dari kerja-kerja nyata ‘Aisyiyah di seluruh pelosok Indonesia yang menyentuh langsung kepada masyarakat di lapisan paling bawah. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh ‘Aisyiyah Banggai dengan melakukan pendampingan dalam pendidikan dan ekonomi bagi komunitas adat terpencil Suku Loinang di pedalaman Tombiobong Kabupaten Banggai,” ujar Salmah pada Senin (7/10/2024).

Salmah juga berharap penghargaan ini menjadi penyemangat bagi para pimpinan dan kader ‘Aisyiyah dimanapun berada.

“Kerja-kerja sunyi yang dilakukan ‘Aisyiyah sejatinya membawa cahaya kemajuan bagi mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Sementara Ketua PDA Banggai, Ernita menjelaskan, pihaknya telah melakukan Pendampingan Program Pemberdayaan KAT Suku Loinang di Pedalaman Tombiobong yang meliputi program ekonomi, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, pembangunan sarana air bersih (water elavator), pembangunan pembangkit listrik tenaga micro hydro (PLTMH), dan program kemitraan dengan pemda, swasta, dan ormas.

Ernita menambahkan, penghargaan tersebut telah membuat PDA Banggai bangga bahwa pemerintah lewat Bappenas memberikan apresiasi atas usaha-usaha Aisyiyah di daerah terpecil khususnya Tombiombong.

 Ernita berharap penghargaan ini dapat menjadikan inspirasi dan kebermanfaatan untuk masyarakat luas sehingga dapat berkontribusi untuk melakukan pembangunan berkelanjutan di daerah-daerah terpencil di Indonesia. (bhisma)

Untuk mendapatkan update silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini