Kenikmatan dan Indahnya Perhiasan Surga
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Allah menyiapkan dan menjamin orang-orang beriman dan beramal saleh dengan tempatnya yang sangat indah yaitu surga “Sungguh, Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Ada sungai madu, ada sungai susu, ada sungai khamar namun tidak memabukkan, buah-buahan yang amat lezat.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

مَثَلُ الْجَـنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَ ۗ فِيْهَاۤ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّآءٍ غَيْرِ اٰسِنٍ ۚ وَاَ نْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗ ۚ وَاَ نْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ۚ وَاَ نْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۗ وَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ ۗ كَمَنْ هُوَ خَا لِدٌ فِى النَّا رِ وَسُقُوْا مَآءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَآءَهُمْ

“Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong?”
(QS. Muhammad 47: Ayat 15)

Indahnya pernak-pernik di dalam surga, penghuninya benar-benar mendapat kenikmatan dan keindahan yang nyata. Di sana mereka diberi perhiasan gelang-gelang emas dan mutiara, dan pakaian mereka dari sutra.

📗 Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ يُدْخِلُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَ نْهٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيْهَا مِنْ اَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَّلُـؤْلُـؤًا ۗ وَلِبَا سُهُمْ فِيْهَا حَرِيْرٌ

“Sungguh, Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Di sana mereka diberi perhiasan gelang-gelang emas dan mutiara, dan pakaian mereka dari sutra.” QS. Al-Hajj 22: 23

📚 Kandungan Ayat

1. Surga; “Sungguh, Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman dan                       mengerjakan kebajikan ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-               sungai.

2. Perhiasan surga; “Di sana mereka diberi perhiasan gelang-gelang emas dan mutiara,       dan pakaian mereka dari sutra.”

🏆 Ibrah

1. Surga memang Allah siapkan bagi orang-orang beriman dan mengerjakan kebajikan.
2. Hanya orang-orang yang memuliakan dirinya dengan iman dan berbuat kebaikan, yang      mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan dan keindahannya.

🖍️ Catatan

Anugerah sempurna anugerah mulia hanya milik Allah, dengan sifat rahman rahimnya, menyediakan perhiasan kemuliaan untuk hambanya yang beriman dan saleh.

💎 Hikmah

Gelang emas, mutiara dan sutera, lambang kemewahan dunia, tetapi kadang menipu dan melalaikan, hanya hiasan surga yang abadi.

🤲 Do’a Dalam Kebenaran

رَّبِّ أَدْخِلْنِى مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِى مُخْرَجَ صِدْقٍ وَٱجْعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلْطَٰنًا نَّصِيرًا

Ya Tuhan-ku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku). QS. Al-Isra/17; 80

Penjelasan:
Ayat ini merupakan doa Rasullah SAW, agar dimasukan ke dalam tempat yang benar dan dikeluarkan (pula) ke tempat keluar yang benar. Doa tersebut dibaca agar kita mendapatkan pemimpin yang jujur dan bijaksana. Dan juga dibaca untuk memohon agar ditempatkan pada tempat yang layak setelah meninggal dunia. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini