Mengatasi Dengki untuk Hidup yang Lebih Bijak
foto: seekersguidance
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Jumat Mubarak

Ketika seseorang memiliki hati yang lembut dan bersih, itu berarti ia dipenuhi dengan kasih sayang, empati, dan kedamaian batin. Hati yang lembut mampu merasakan belas kasih terhadap sesama, serta memahami perasaan dan penderitaan orang-orang di sekitarnya.

Hati yang bersih melambangkan ketulusan, niat baik, dan kebebasan dari kebencian, iri hati, atau niat buruk. Secara spiritual, hati yang lembut dan bersih erat kaitannya dengan kehidupan yang selaras dengan nilai-nilai kebaikan, kejujuran, dan kehendak Ilahi.

Orang dengan hati seperti ini cenderung lebih mudah menerima kebijaksanaan batin serta lebih dekat dengan ketenangan. Jiwa mereka terbebas dari kotoran-kotoran emosi negatif yang dapat membebani pikiran.

Sebaliknya, orang yang dengki—mereka yang dipenuhi rasa iri dan tidak senang melihat keberhasilan atau kebahagiaan orang lain—tidak akan mampu menjadi bijaksana. Kedengkian menutup hati dan pikiran seseorang dari kebaikan, kebijaksanaan, dan keadilan.

Hal ini melahirkan pikiran negatif, rasa tidak puas, serta niat buruk yang menjauhkan seseorang dari kejelasan dan keadilan dalam memandang realitas.

Untuk mencapai kebijaksanaan sejati, seseorang harus memiliki hati yang bersih, penuh dengan kasih sayang, keadilan, dan kebesaran jiwa.

Kebijaksanaan lahir dari kemampuan untuk melihat segala sesuatu dengan jernih, tanpa dibutakan oleh emosi negatif seperti iri hati.

Orang yang bijaksana akan merayakan keberhasilan orang lain, belajar dari mereka, dan berusaha memperbaiki diri tanpa merasa terancam oleh pencapaian orang lain.

Di sisi lain, kedengkian hanya membatasi pemikiran, menimbulkan kebencian, dan menghalangi seseorang dari pertumbuhan diri serta pemahaman yang lebih dalam.

Oleh karena itu, seseorang yang dipenuhi rasa dengki tidak akan pernah mencapai kedalaman kebijaksanaan, karena hal tersebut memerlukan hati yang tenang, terbuka, dan siap menerima kebaikan.

Semoga kita senantiasa dijauhkan dari kedengkian dan dianugerahi hati yang lembut serta bersih.

Insya Allah bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini