Senyuman Kasih Sayang Sang Raja
UM Surabaya

Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Penguasa yang bijaksana, penuh kelembutan dan kasih sayang. Raja yang adil yang menguasai lintas dunia. Menguasai dunia nyata dan juga menguasai dunia ghoib. Bahkan Raja ini adalah dapat dikata raja diraja, memiliki mukjizat dengan berkemampuan bicara dengan hewan.

Dengan demikian bisa berkomunikasi dengan jin, bicara dengan semua hewan, diantaranya burung dan semut dan lain lain. Suatu ketika dengan mukjizatnya, beliau tersenyum gembira seketika sang raja karena mukjizatnya bisa mendengar ucapan raja semut.

📗 Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

فَتَبَسَّمَ ضَا حِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَا لَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَا لِدَيَّ وَاَ نْ اَعْمَلَ صَا لِحًـا تَرْضٰٮهُ وَاَ دْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَا دِكَ الصّٰلِحِيْنَ

“Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”
(QS. An-Naml 27: Ayat 19)

📚 Kandungan Ayat

1. Senyuman Nabi Sulaiman; “Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena              (mendengar) perkataan semut itu.
2. Do’a Nabi Sulaiman
a. Dan dia berdoa Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku
b. dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai
c. dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

🔮 Ibrah pelajaran yang dapat dipetik ;

1. Orang yang mendalami inti anugerah Allah SWT, bahwa semua karunia kembali hanya milik Allah semata.
2. Maka dari jiwa yang dalam akan bangkit dari lubuk hati dan pikiran, sebuah ucapan syukur tiada batas kepada Allah SWT.

🖍️ Catatan

Nabi Sulaiman dianugerahi kekayaan yang luarbiasa, bahkan diberi kemampuan untuk berbicara dengan makhluk lain, jin, binatang bahkan angin dan lain lain. Namun semua itu menjadikan jiwanya menunduk dan bersyukur. Qs. An-Nahl/27; 15-18

💍 Hikmah

Pemimpin yang bersyukur akan mulia di mata bangsanya dan di hadapan Tuhannya.

🤲 Do’a

رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَا لِدَيَّ وَاَ نْ اَعْمَلَ صَا لِحًـا تَرْضٰٮهُ وَاَ دْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَا دِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” QS. An-Naml 27: 19.

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini