Doa untuk Negeri
foto:lipitan6.com
UM Surabaya

*)Oleh:Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Doa yang dahsyat hingga menembus dari zaman ke zaman adalah doa Nabi Ibrahim AS. “Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Makkah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, Dia (Allah) berfirman, Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

📗 Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَاِ ذْ قَا لَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّا رْزُقْ اَهْلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنْ اٰمَنَ مِنْهُمْ بِا للّٰهِ وَا لْيَوْمِ الْاٰ خِرِ ۗ قَا لَ وَمَنْ كَفَرَ فَاُ مَتِّعُهٗ قَلِيْلًا ثُمَّ اَضْطَرُّهٗۤ اِلٰى عَذَا بِ النَّا رِ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ‏

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Makkah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, Dia (Allah) berfirman, Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” QS. Al-Baqarah 2: 126

📚 Kandungan Ayat

1. Doa Nabi Ibrahim ‘Negeri yang aman’; “Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Makkah) ini negeri yang aman.
2. Rezeki bagi yang beriman ; “dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, Dia (Allah) berfirman, Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

🌹 Ibrah yaitu pelajaran yang bisa dipetik

1. Pemimpin hendaknya mengambil pelajaran dari nabi Ibrahim ini, mengapa tidak, saking penyayangnya doanya dapat kita rasakan sampai kini, bahkan sampai akhir nanti. Negeri Saudi Arabia dengan dua kotanya (Makkah Madinah).
2. Negeri yang aman ternyata harus bersyarat yaitu dengn Iman.

🌺 Catatan

Doa di kala Nabi Ibrahim a.s meminta kepada Allah SWT agar Makkah menjadi kota yang aman, damai dan diberikan pula rezeki yang berlimpah kepada penduduk-nya. Ini jangkauan yang tiada tara di dalam jiwa yang menghunjam kasih sayang.

Sebagaimana di jelaskan dalam tafsir al azhar ;
Nama Ibrahim ( إبراهيم) berasal dari bahasa suryani ; Ib (إب) serumpun dg abun (أب) yang artinya bapak, adapun rahim (راهيم) serumpun dengan rahiim (راحيم) yang artinya kasih sayang. Maka ibrahim artinya bapak kasih sayang. Nabi Ibrahim adalah seorang bapak yang memilimi jiwa pengasih.

Demikian itu terbukti pada kejiwaan Nani Ibrahim sebagai seorang yan hanif atau lurus, juga tercermin di dalam do’anya sangan dirasa sampai sekarang di negeri Arab bahkan untuk dunia.

💍 Hikmah

Doa merupakan senjata yang mampu menembus langit, menggoyang arsy, melintasi zaman kezaman, sebagaimana do’a kholilullah Nabi Ibrahim As.

🤲 Do’a
Ya Allah lindungi kami, amankan negeri kami, dan pejuang Islam yang membela agama-Mu dari kejahatan makhluk yang Engkau ciptakan. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini