Siswa Smamda Sidoarjo Gondol Medali Emas Seni Baca Al Qur’an dalam Ajang MEA 2024
JUARA - Siswa kelas 10 - 6 Smamda Sidoarjo, Danang Syamsuddin Machmud juara 1 Seni Baca Al Qur'an di acara Muhammadiyah Education Awards (MEA) Tahun 2024 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (foto:wawan/memox)
UM Surabaya

Sejumlah siswa dan siswi, guru dan Tenaga Pendidik (Tendik) SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menjuarai berbagai perlombaan dalam acara Muhammadiyah Education Awards (MEA) yang diselenggarakan PWM Jatim di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ahad (20/10/2024)

Dalam ajang tersebut, para siswa dan siswi perwakilan Smamda Sidoarjo tidak hanya menjadi juara 2 dan 3, akan tetapi cukup banyak pula yang menjadi juara 1 dan menyabet medali emas dalam ajang bergengsi antar SMA dan SMK Muhammadiyah se Jawa Timur itu.

Salah satunya siswa yang menyabet juara 1 itu adalah Danang Syamsuddin Machmud. Siswa yang akrab disapa Danang ini mengalahkan puluhan kompetitor lainnya. Termasuk lawannya terbaiknya dari perwakilan SMA Muhammadiyah 4 Surabaya yang akhirnya harus dikalahkannya hingga hanya meraih juara 2.

“Dalam Lomba Qiroah (Seni Baca Al Quran) itu, lawan terberat saya dari Surabaya. Tapi, akhirnya dia menjadi juara 2. Karena suaranya memang bagus dan nafasnya panjang,” ujar Danang Syamsuddin Machmud kepada Memo X, Rabu (23/10/2024).

Danang menambahkan, selama ini dirinya sudah pernah menjuarai lomba Qiroah saat duduk di bangku SD dan SMP. Akan tetapi saat itu, kegiatannya baru setingkat lokal daerah. Sedangkan kegiatan kemarin setingkat Jawa Timur.

“Aslinya juga grogi (nervouse) dan sempat panik. Karena lomba sebesar ini dengan jumlah peserta sebanyak itu. Tapi, alhamdulillah akhirnya saya menjadi juara 1 dan mendapatkan sertifikat dan medali emas ini. Sedangkan kakak kelas saya yang juga perwakilan Smamda Sidoarjo belum beruntung menjadi juara,” ungkap siswa Kelas 10 – 6 Smamda Sidoarjo ini.

Sebelum puncak perlombaan, Danang yang merupakan siswa asal Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo ini melakukan latihan dan persiapan penuh selama sebulan. Namun di saat perlombaan banyak peserta lain yang memiliki suara cukup khas, tenang dan tarikan nafas yang panjang.

“Memang banyak peserta lainnya yang skill membaca Al Qur’an nya masih diatas saya. Bahkan nadanya selalu terlihat tenang. Makanya saya sempat tak percaya bisa menjadi juara 1 ini. Tapi, ketika babak penyisihan, saya malah menjadi peringkat paling atas diantara peserta lainnya,” tegasnya.

Sedangkan harapan selanjutnya, Danang bakal selalu mengikuti perlombaan seni baca Al Quran di tempat lainnya. Salah satunya pada November mendatang yang ada perlombaan yang sama dengan peserta umum yang dilaksanakan di Universitas Negeri Malang (UM).

“Harapannya ke depan selalu ikut perlombaan Qoriah dan selalu memenangkan lomba itu menjadi juara 1. Makanya besok pada Nopember 2024 di Kampus Universitas Negeri Malang (UM) saya mau ikut lagi. Meski kali ini para pesertanya adalah kalangan umum,” pintanya.

Kepala Smamda Sidoarjo, Muhammad Zainul Arifin menegaskan bakal selalu mensupport semua kegiatan siswa dan siswi, guru dan tenaga pendidik Smamda yang berprestasi. Selain itu juga memberikan reward agar prestasinya itu selalu dijaga dan ditingkatkan melalui berbagai kegiatan serta mendelegasikan setiap ada perlombaan, baik di tingkat daerah, provinsi maupun skala nasional.

“Khusus para siswa dan siswi berprestasi maupun kalangan guru kami selalu mensupport (mendukung) secara maksimal. Kami juga berupaya memfasilitasi prestasi itu di bidangnya masing-masing agar mereka selalu berprestasi. Ini bukti virus prestasi itu tetap terjaga. Karena itu, sesuai dengan visi dan misi sekolah yakni unggul dan berkarakter Islami dipegang teguh seluruh siswa, guru dan tenaga pendidik,” jelasnya.

Sementara dalam acara MEA 2024 di UMM itu terdapat 18 kategori yang dijuarai siswa dan guru Smamda Sidoarjo, yakni;

  1. Danang Syamsudin Machmud, Seni Baca Al Qur’an, Juara 1
  2. Animasi Juara 3
  3. Pidato Bahasa Inggris, Ashila Tiara Safitri special award juara 2
  4. Pidato Bahasa Inggris Vina Ramadani special award juara 3
  5. Robotika special award juara 1
  6. Arief Ismu in Arabic special award juara 2
  7. Ismu in english special award juara 1
  8. Hasannasr Matematika Special award juara 2
  9. Rizky Wima fisika juara 1
  10. Inovasi Bu Dian special award 7
  11. Inovasi Bu Risha juara 1
  12. Majalah Sekolah spesial award 6
  13. Website juara 2
  14. Tendik Prestasi Mas Zainal special award 7
  15. Tendik prestasi Mbak Ningrum special award 6
  16. Tendik prestasi Mas Burhan juara 2
  17. Ernam, Guru Prestasi spesial award 3
  18. Alfi F Guru Berprestasi spesial award 1. (wan/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini