UM Surabaya

Peran Inisiatif Swadaya Masyarakat

Contoh konkret dari inisiatif swadaya dalam pendidikan adalah peran organisasi perempuan Muhammadiyah, ‘Aisyiyah, yang telah mendirikan ribuan PAUD dan TK di seluruh Indonesia, termasuk di pelosok desa.

Sekolah-sekolah ini didirikan oleh masyarakat setempat dengan semangat gotong-royong dan dijalankan oleh para guru yang bekerja tanpa pamrih.

Meskipun kontribusi lembaga seperti ‘Aisyiyah sangat signifikan, lembaga-lembaga ini menghadapi tantangan besar, terutama dalam hal pendanaan dan dukungan operasional. Ketidakseimbangan anggaran desa semakin memperparah situasi ini.

Regulasi dan Legalitas

Untuk mengatasi ketimpangan ini, perlu adanya regulasi yang lebih inklusif dan legalitas yang jelas untuk mendukung lembaga pendidikan swadaya agar bisa mendapatkan alokasi dana dari APBDes. Beberapa langkah penting yang dapat diambil adalah:

  1. Pengakuan Resmi Lembaga Pendidikan Swadaya: Pemerintah Desa perlu memberikan pengakuan formal terhadap lembaga pendidikan yang dikelola masyarakat. Ini akan membuka jalan bagi penganggaran dana desa untuk mendukung pendidikan swadaya.

2. Alokasi Dana untuk Pendidikan dalam APBDes: Sebagian dari anggaran desa harus dialokasikan untuk lembaga pendidikan, baik untuk pembangunan infrastruktur maupun untuk kesejahteraan para tenaga pendidik.

3. Pemberian Legalitas Formal: Lembaga pendidikan swadaya harus diarahkan untuk memperoleh izin operasional dari dinas pendidikan setempat agar mereka memiliki akses yang lebih luas terhadap Dana Desa.

4. Penghargaan Bagi Guru Swadaya: Guru-guru yang mengajar di lembaga pendidikan swadaya harus mendapatkan honorarium yang layak. Pemerintah Desa perlu memperhatikan kesejahteraan mereka agar pendidikan dapat berjalan dengan baik dan profesional.

Pengawasan dan Transparansi: Dibutuhkan mekanisme pengawasan yang kuat untuk memastikan alokasi dana pendidikan digunakan secara tepat guna dan tidak disalahgunakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini