Kerugian Nyata Akibat Salah Mendidik Anak
foto: shutterstock.com/ITTIgallery
UM Surabaya

Zaman modern sekarang, anak-anak kita dikenal dengan istilah generasi milenial. Segala sesuatu gampang didapatkan secara instan. Informasi berbagai hal dengan mudah didapatkan melalui media online.

Untuk menjaga anak anak kita agar tidak terkontaminasi hal negatif karena modernisasi itu, maka kita sebagai orang tua harus menanamkan iman dan ketakwaan agar akhlak anak-anak kita terjaga dunia akhirat.

Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS. 66 : 6)

Para orang tua yang sukses membesarkan anak-anaknya adalah yang berhasil mendidik mereka menjadi saleh dan salihah, yang selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan berbakti kepada orang tuanya

Apalah artinya orang tua yang memiliki anak yang kaya dan menduduki jabatan yang tinggi, serta memiliki penghasilan yang besar dan lain-lain.

Namun mereka durhaka kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya dan mereka pun tidak mau berbakti kepada kedua orang tuanya.

Saudaraku, anak kita itu adalah surga kita atau neraka kita. Yaitu, anak bisa menjadi sebab orang tua masuk ke dalam surga, dan anak pun dapat menjadi sebab orang tua dimasukkan ke dalam neraka.

Jika orang tua melalaikan, meremehkan, serta tidak mau memedulikan pendidikan anaknya, maka anak itu akan menjadi luka di tenggorokannya dalam kehidupan dunia, dan dapat menjadi sebab ditimpakannya azab kepada orang tua tersebut kelak di akhirat.

Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman:

“Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya, dan jangan (pula) seorang ayah (menderita) karena anaknya.” (QS. 2 : 233)

Kenapa orang tua menderita di dunia dan di akhirat? Karena anak menjadi rusak dengan sebab orang tua yang tidak ada perhatian dan pendidikan tentang tauhid, dan akidah, ibadah, akhlak dan lain lain.

Sehingga anak tidak bisa memberi manfaat untuk dirinya sendiri dan orangtuanya.

Katakanlah: “Sesungguhnya orang orang yang rugi adalah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan juga keluarganya pada Hari Kiamat. Ingatlah! Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.” (QS. 39:15).(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini