UM Surabaya

Indonesia menjadi sorotan Dunia. Putri Ariani (17), remaja berhijab asal Bantul, Jogjakarta mendadak viral setelah menggebrak panggung pencarian bakat terbesar di ajang America’s Gots Talen 2023.

Dengan talenta bermusik dan kualitas suara yang tidak kaleng-kaleng, Ia menyisihan ribuan finalis dari berbagai negara.

Penampilannya memaksa semua juri memberikan standing ovation. Bahkan, Simon Cowel, sang juri yang dikenal paling killer, langsung menghampirinya di atas panggung dan menghadiahi Golden Buzzer, tiket istimewa yang diberikan kepada kontestan agar bisa tampil secara langsung di panggung secara live.

Di luar talentanya yang luar biasa, tentu tampil dengan mengenakan hijab dipentas Dunia dan mengatasnamakan Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri. Lebih-lebih sebagai Negara mayoritas muslim.

Duo Hijaber Indonesia juga merajai ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2023. Mereka, Salma salsabila, Remaja asal Probolinggo, Jawa Timur keluar sebagai Juara Pertama Indonesian Idol XII dan Nabila Taqiya Asal Aceh sebagai runner up.

Sebelumnya, sederet artis kenamaan Indonesia seperti Dewi Sandra Artis, Lesti Kejora Artis Dangdut, Tantri Vokalis Grup band Kotak, Desi Ratna Sari Artis/Politisi ramai-ramai “hijrah” dan mengenakan hijab di panggung hiburan, meski sebagian artis memilih kembali membuka hijabnya dengan berbagai alasan.

Bagaimana sesungguhnya hukum berhijab bagi muslimah sehingga sebagian artis tetap konsisten mempertahankan hijab dan memilih menutup aurat meski berkarier di dunia entertain?

Sebagaimana diketahui, muslimah diwajibkan berjilbab dengan menutup aurat atau berhijab. Batasan aurat wanita seluruh tubuh terkecuali telapak tangan dan wajah.

Selain mematuhi perintah Allah SWT untuk menutup aurat, ternyata ada banyak hikmah yang dipetik kaum hawa yang berjilbab.

***

Menurut Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Ustadz Adi Hidayat (UAH), secara khusus Allah SWT menurunkan wahyu mengenai perintah berjilbab bagi wanita.

UAH menyebut perintah menutup aurat adalah tanda sayang Allah kepada kaum hawa, saking sayangnya Allah kepada muslimah, maka turunlah perintah berjilbab. Pada Surat Al-Ahzab Ayat 59:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.

Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

“Kenapa mengenakan jilbab?

“Pertama, supaya diketahui seseorang itu adalah perempuan beriman. Kalau sudah beriman, maka melekat hukum pada laki-laki untuk menghormati, membantu, serta melindungi,” jelas UAH seperti dilansir di channel youtube Adi Hidayat Official.

Ia pun menceritakan, di zaman dulu ada perempuan muslimah di Madinah sebelum ayat tentang jilbab turun, suatu ketika ingin buang air besar di kebun kurma karena dulu tidak ada toilet umum dan sebagainya.

Malam-malam ketika akan keluar diganggu oleh laki-laki Yahudi, preman-preman Madinah, dilaporkanlah kepada Nabi SAW.

Begitu dilaporkan maka turunlah Surah Al-Ahzab ayat 59 tentang perintah jilbab.

“Begitu pakai jilbab, sudah viral di kalangan pemuda muslim bahwa wanita itu seorang muslimah. Maka pemuda muslim wajib melindungi muslimah, sebagaimana kaidah fikih,” urainya.

Ia mengingatkan jilbab tak sekadar dikenakan untuk identitas seorang muslimah yang menjadi wujud sayangnya Allah.

Kalau mau digali dari segi kesehatan dan lainnya banyak, namun kesimpulannya satu: Allah sayang pada perempuan.

“Tapi sekarang kenapa Allah sudah sayang, tapi perempuannya berpaling? Allah sayang memberikan jilbab. Banyak orang mencari kasih sayang Allah. Ini Allah langsung memberikan kasih sayangnya. Saking sayangnya Allah meninggal pun masih dijilbabin juga,” ucap UAH.

Kain kafan perempuan ada tudungnya berbeda dengan laki-laki. Sehingga UAH pun mengimbau jangan sampai saat meninggal saja memakai tudung, semasa hidup justru tidak mengenakan jilbab.

UAH bersyukur tinggal di Indonesia. Karena untuk mempraktikkan agama diatur Undang-undang pasal 29 ayat 2.

Negara menjamin kemerdekaan setiap orang memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Jilbab bagian dari ibadah.

***

Putri Ariani, penyanyi pendatang baru menggetarkan pentas musik dunia.

Lewat suara Emas dan teknik level tinggi mampu mengalahkan 7.000 peserta dari berbagai belahan dunia.

Dia menyanyi dengan hati. Suaranya melengking tinggi dan merdu, penjiawaannya menyayat hati

Para juri American Gots Talen 2023 juga dibikin terperangah, manakala tahu lagu berjudul Loneliness yang dibawakan ternyata ciptaaanya sendiri. Mereka pun lalu menyebutkan sebagai superstar.

Putri Ariani, Salma, Nabila dan sederet artis senior yang telah lebih awal mengenakan hijab, sesungguhnya bukan semata berkomitmen menampilkan wajah Islam di panggung hiburan.

Lebih dari itu, mereka telah membangun citra Islam yang ramah terhadap berbagai dimensi, termasuk panggung hiburan. Yang ditonton jutaan pemirsa dari berbagai penjuru dunia.

Mereka adalah duta-duta Islam yang ramah, ikon remaja muslim moderat yang mendakwahkan Islam dengan cara kekinian sesuai dengan kemajuan teknologi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini