Keutamaan dan Waktu Terbaik Membaca Selawat
foto: saida shigapova/shutterstock

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا.

“Dari Sahabat Ka’ab bin ‘Ujrah Radhiyallahu anhu, “Perbanyaklah kalian membaca selawat kepadaku pada hari dan malam Jumat, barang siapa yang berselawat kepadaku sekali niscaya Allah berselawat kepadanya sepuluh kali.”

Beberapa manfaat dari mengucapkan selawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di antaranya:

1. Selawat merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Allah.

2. Mendapatkan 10 kali selawat dari Allah bagi yang berselawat sekali untuk beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

3. Diharapkan dikabulkannya doa apabila didahului dengan selawat tersebut.

4. Selawat merupakan sebab mendapatkan syafaat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Jika ketika mengucapkan selawat diiringi dengan permohonan kepada Allah agar memberikan wasilah (kedudukan yang tinggi) kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Kiamat.

5. Selawat merupakan sebab diampuninya dosa-dosa.

6. Selawat merupakan sebab sehingga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab orang yang mengucapkan selawat.

Beberapa lafaz selawat yang sahih, sebagaimana yang telah diajarkan Rasulullah kepada para sahabatnya radhiyallahu anhum.

Di antaranya adalah:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

“Ya Allah, berikanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim.

Sesungguhnya Engkau Mahaterpuji lagi Mahamulia. Ya Allah, berikanlah berkah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim.

Sesungguhnya Engkau Mahaterpuji lagi Maha-mulia.” HR. Al-Bukhari (no. 3370/Fat-hul Baari (VI/408)), Muslim (no. 406), Abu Dawud (no. 976, 977, 978), at-Tirmidzi (no. 483), an-Nasa-i (III/47-48), Ibnu Majah (no. 904), Ahmad (IV/243-244)

Dari hadis tersebut, dapat diketahui bahwa umat manusia dianjurkan untuk memprbanyak membaca selawat, karena memiliki banyak manfaat dan faedah penting yang dikandungnya.

Ada pun keutamaan dari selawat kepada Nabi Muhammad saw, antara lain:

• Terbebas dari kemunafikan dan dibebaskan dari neraka

• Penghapus dosa

• Pengabul segala hajat dunia dan akhirat

• Sebagai tanda kecintaan kepada Rasulullah SAW

• Limpahan rahmat, pengampunan, pujian, kemuliaan dan keberkahan dari-Nya

Di antara keutamaan-keutamaan di atas, perlu juga diperhatikan waktu dan tempat yang dianjurkan untuk membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Karena pada saat itulah fadhilah yang terkandung di dalamnya besar sekali. Waktu yang terbaik dalam membaca selawat adalah sebagai berikut:

• Pada hari Jumat

• Ketika mendengar nama Nabi Muhammad SAW disebut

• Ketika masuk masjid

• Ketika selesai azan dan iqamah

• Ketika sedang berdoa (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini