Ini Kunci Kemajuan Bangsa untuk Kejar Ketertinggalan
Haedar Nashir. foto: muhammadiyah.or.id

Dibandingkan dengan negara-negara besar yang maju saat ini, Indonesia masih butuh kerja keras untuk mengejar ketertinggalan itu. Salah satunya kerja keras mengakselerasi pendidikan untuk kemajuan peradaban bangsa.

Kunci Indonesia dalam mengejar ketertinggalan dan membangun peradaban maju adalah pendidikan. Karena pendidikan merupakan salah satu pilar utama penyongkong kemajuan peradaban bangsa.

Melihat berbagai kemajuan yang dicapai oleh negara-negara besar di dunia sekarang, Indonesia masih butuh kerja keras mengejar ketertinggalan tersebut.

Berkaca dari sejarah kemajuan Jepang yang sempat kalah pada Perang Dunia II, Jepang hanya membutuhkan waktu tidak sampai 50 tahun untuk membangun kembali bangsa dan negaranya.

Kunci dari kemajuan Jepang adalah mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dipadukan dengan budaya tradisi mereka.

Dalam sejarah peradaban-peradaban besar dunia, pendidikan atau ilmu menjadi ciri yang menonjol dari peradaban tersebut.

Seperti Yunani, Mesopotamia, Islam abad kemajuan, India, dan Cina. Peradaban-peradaban maju pada masa itu dibangun di atas pondasi pendidikan dan keilmuan yang kuat.

Maka, jika melihat kemajuan India, China termasuk Arab sekarang karena negara-negara tersebut memiliki tradisi besar.

Indonesia juga memiliki jejak tradisi besar, tetapi setelah terlalu lama dijajah, dan pasca kemerdekaan harus menata konsep bernegara berdampak pada ketertinggalan.

Hari ini, di tengah prestasi yang maju, tetapi human development index kita di ASEAN kita masih nomor 6. Daya saing kita masih di nomor 4 di ASEAN, bahkan jauh di kancah dunia.

Bahkan rilis terakhir, bahwa tingkat kecerdasan orang Indonesia rankingnya di angka 78,49 dalam posisi 113, tidak jauh dari Timor Leste dan Papua Nugini.

Melihat berbagai ukuran kemajuan suatu bangsa dan Indonesia masih tercecer peringkatnya dibandingkan dengan negara lain, saya mengingatkan supaya elite negeri dari pusat sampai bawah ini tidak pesta pora dengan membangun legacy fisik mahakarya.

Sementara pada saat yang sama bangsa Indonesia ini masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain.

Karena itu, butuh concern dari semua pihak untuk mengakselerasikan, mendinamisasikan bahkan membangun langkah progresif terobosan di bidang pendidikan.

Dengan langkah strategis yang tidak terputus dari konstitusi, yakni membangun masa depan Indonesia dan pendidikan nasional itu.

Basic-nya adalah value iman, takwa, akhlak mulia, nilai agama, menuju kecerdasan dan membangan peradaban bangsa, sebagaimana perintah Pasal 31 Undang-Undang Dasar (UUD) 45.

Bersandar kepada UUD 45 menjadikan dalam membangun pendidikan tidak bersifat pragmatis dan pabrikasi yang terputus dari jiwa konstitusi.

Di situ, Muhammadiyah konsisten membangun dunia pendidikan, berbasis khusus Al Islam-Kemuhammadiyahan, dalam inklusif kebangsaan, dan berdasar pada konstitusi yang telah diletakkan pendiri bangsa.

Kita harus merancang bangun pendidikan yang mampu berdaya saing dengan bangsa-bangsa lain. Itulah spirit dari pendidikan yang berkemajuan. (*)

(Disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir dalam Milad ke-44 dan Wisuda ke-74 Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang, 15 Juni 2023)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini